News

Rapor Akhir Tahun Kepemimpinan Joko Widodo

MEDIASULSEL.com – Presiden Joko Widodo dan kabinetnya boleh bangga menutup akhir 2016. Presiden Jokowi mendapatkan apresiasi atas keberhasilannya mencatat beberapa prestasi dari sisi ekonomi Indonesia.

Apresiasi ini datang dari Bloomberg. Dalam rilisnya, Bloomberg membuat rapor para pemimpin Asia-Austalia 2016 dan berdasarkan nilai tukar mata uang, pertumbuhan ekonomi berdasarkan gross domestic product (GDP) dan approval rating alias angka dukungan.

Selain Jokowi, beberapa pimpinan yang juga mendapatkan apresisi antara lain Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri India Narendra Modi, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Presiden Korea Selatan Park Geun-hye, Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull.

Catatan Bloomberg menunjukkan bahwa Jokowi bersama dengan Durterte dan Narendra Modi yang mendapat angka approval rating tertinggi.

Meskipun angka approval rating berada pada posisi tiga, namun kepemimpinan Jokowi berhasil menguatkan rupiah hingga 2,41 persen dari posisi Rp13.795 per Dollar AS menjadi Rp13.436 per Dollar AS. Catatan ini juga diperkuat dengan pertumbuhan ekonomi berdasarkan GDP yang mencapai 5,02 persen.

Sementara kepemimpinan Duterte gagal mengangkat Peso Filipinan yang melemah 5,29 persen meskipun pertumbuhan ekonominya naik 7,1 persen. Begitu juga kepemimpinan Narendra. Meski pertumbuhan ekonomi naik 7,3 persen, Rupee India justru melemah 3,06 persen. (*)

Komentar

Baca Juga:   Menghina NKRI, TNI Tangguhkan Kerjasama dengan Australia
Komentar

Balas Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top