PPDB Online
Ilustrasi

MAKASSAR—Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan memutuskan melakukan penambahan waktu pendaftaran yang tadinya hanya sampai hari Rabu menjadi ke hari Kamis (17/6/2021).

“Sebenarnya ini bukan penambahan waktu, tapi penggantian waktu terbuang kemarin karena ada masalah interkoneksi antara server PPDB dan server Dukcapil Provinsi Sulawesi Selatan sehingga sulit diakses oleh calon peserta didik,” tutur Sekretaris Panitia PPDB Disdik Sulsel, Firdausi Topuriti di Posko Helpdesk, Kemarin Selasa (15/6/2021).

Firdausi yang juga Kepala Subag Umum, Kepegawaian dan Hukum Disdik Sulsel, mengatakan, kami mengapresiasi masyarakat yang begitu antusias melakukan pendaftaran.

“Kita sangat mengapresiasi antusias masyarakat yang melakukan pendaftaran yang hampir bersamaan sehingga menyebabkan server Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sulawesi Selatan down dan sulit untuk diakses.” Pungkasnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana PPDB Disdik Sulsel, Dr Idrus, SPd.MPd. Mengaku hari pertama pelaksanaan PPDB mengalami gangguan.

“Memang dihari pertama ada gangguan, Tapi kami sudah lakukan penanganan terkait masalah tersebut,” tuturnya.

Ia Menjelaskan Sejak pukul 21.00 Wita tadi malam, server PPDB sudah kembali normal dan sudah bisa diakses sampai sekarang. Mudah-mudahan sudah lancar hingga PPDB rampung.

“Penutupan pendaftaran PPDB jalur zonasi ditetapkan Kamis (17/6/2021) pukul 17.00 wita. Demikian pula untuk verifikasi administrasi calon peserta didik di satuan Pendidikan ditambah menjadi tanggal 18 Juni 2021,” tutupnya.  (*)