MAKASSAR – Tim Taktis Dinas Perhubungan rutin melakukan pemantauan dan patroli di jalan, utamanya di lokasi yang kerap terjadi kemacetan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Sulsel, Abdul Azis Bennu mengatakan patroli dilakukan setiap saat, baik pagi, siang, sore, atau malam.

“Jadi tim taktis ini melakukan monitoring dan patroli di jalan-jalan protokol, mulai dari wilayah perbatasan Kabupaten Maros, hingga Kabupaten Gowa.

Pemantauan yang dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menangani dan mengurai kemacetan yang kerap dikeluhkan para pengguna jalan.

“Tim taktis ini melakukan mobile patroli untuk memantau kemacetan,” ungkap Azis.

Jika ditemukan titik-titik macet, maka tim taktis melakukan koordinasi dengan petugas di lapangan untuk mengatasi persoalan itu. Tak jarang, tim taktis juga langsung turun untuk mengurai kemacetan yang terjadi.

Hingga saat ini, Dishub Sulsel menugaskan lima anggotanya sebagai tim taktis.

“Jumlahnya akan ditambah sesuai kebutuhan di lapangan,” tandas Azis.

Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muh Arafah mengemukakan pihaknya terus membuat inovasi dan strategi dalam rangka penanganan kemacetan, khususnya di jalan-jalan protokol.

“Jadi sekarang,kami selain melakukan patroli sekaligus gencar melakukan penertiban ‘Pak Ogah’ yang kehadirannya kerap meresahkan masyarakat.”Ungkapnya.

Dia menambahkan, Dishub juga berusaha mencari formula yang tepat terkait rekayasa lalu lintas yang dinilai efektif dalam mengatasi persoalan kemacetan.

“Terobosan akan terus dilakukan,termasuk rekayasa lalu lintas yang dinilai efektif dalam mengatasi persoalan kemacetan.”Tutupnya. [*]