Beranda ยป Ekonomi ยป Bali Pastikan Siap Beli Produk Bahan Baku dari Sulsel
Ekonomi

Bali Pastikan Siap Beli Produk Bahan Baku dari Sulsel

DENPASAR – Misi Dagang antara Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali, berlangsung jumat malam, 1 Desember 2017, di Hotel Nusa Indah Bali.

Misi Dagang ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Gubernur Sulsel untuk tiap OPD, pasca Misi Dagang antara Pemprov Sulsel dengan Pemprov Jawa Timur.

Dinas Perindustrian Sulsel setelah melakukan uji pasar sejumlah produk IKM binaan, kemudian langsung melakukan implementasi antar IKM, dan akhirnya tertuang dalam bentuk kerjasama antar IKM Sulsel dan Pengusaha Bali.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan MOU antara IKM Hidayah Art & Craft dari Takalar Sulawesi Selatan dengan IKM Lontar Ayu Pertiwi dari Gianyar Bali.

MOU tersebut berisi kesepakatan bahwa IKM Sulsel bersedia menyediakan Produk bahan baku anyaman serat dan daun lontar setengah jadi, sedangkan pengusaha di Bali bersedia melakukan pembelian bahan baku produk tersebut.

I Gusti Made Karya selaku pihak kedua mengaku bersedia membeli bahkan satu kontainer setiap minggunya, jika pengrajin Sulsel mampu menyiapkan produknya.

Kepala Dinas Perindustrian Sulsel H. Ahmadi Akil, SE, MM dalam sambutannya mengatakan, kerja sama ini merupakan awal untuk kerjasama lainnya. Sulsel yang kaya akan sumber daya alam, bersedia untuk memfasilitasi IKM di Sulsel, khususnya binaan Dinas Perindustrian, agar dapat memasarkan produknya melalui pengusaha di Bali.

Bali menjadi Pilihan, mengingat Bali merupakan pintu pasar Nasional dan Internasional.

“Kita ingin melangkah cepat untuk melakukan uji pasar. Terbukti, setelah siap menerima anyaman serat dan daun lontar, pengusaha di Bali juga tertarik dengan Produk Cokelat Sulsel, dan selanjutnya juga akan ada kerjasama dibidang fashion Sutera khususnya Sutera Lagosi”, lanjut Ahmadi.

Ahmadi menambahkan, dengan misi dagang ini, Sinergitas Industri Kerajinan dan produk Sulsel dengan Pengusaha di Bali akan terus terbangun.

Sementara itu Ni Wayan Kusumawati, SH, MH, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali mengatakan, Pihaknya berharap Sulsel bersedia untuk menyuplai ketersediaan bahan baku sejumlah produk kerajinan ke Bali, agar Bali dapat memenuhi kebutuhan eksport Produk ke sejumlah negara dan memenuhi permintaan buyer yang datang ke Bali.

“Bali menjadi tempat berkumpulnya produk kerajinan secara Nasional, dan kami bersedia menerima Produk Sulawesi Selatan agar dapat pula kami pasarkan sebagai kesuksesan Nasional”, Pungkasnya.

Acara Misi Dagang ini juga turut dihadiri Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan KKSS Kota Denpasar. Kepala Bidang perdagangan dalam negeri dinas perdagangan Bali, Kepala Bidang IATEA Dinas perindustrian Sulsel, sejumlah kepala seksi, IKM Sulsel dan IKM Bali. [fit/4ld]