Banjir Rendam Sebagian Jakarta di Hari Pertama tahun 2020

0
63

JAKARTA – Sebagian DKI Jakarta, terendam banjir pada hari pertama tahun 2020. Hujan deras yang mengguyur ibu kota sejak Selasa (31/12) hingga Rabu (1/1) pagi membuat beberapa pintu air kini berada dalam keadaan siaga.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta lewat Twitter mengatakan hingga pukul 08.00 pagi, ketinggian air di daerah sekitar Karet sudah mencapai 700 sentimeter dan membuat kondisi di sana Siaga 1.

Ketinggian air di beberapa daerah lain antara 170 hingga 925 sentimeter.


BPBD DKI Jakarta juga mengumumkan bagi warga yang membutuhkan evakuasi, bantuan dan informasi tentang data tinggi permukaan air, untuk segera menghubungi layanan darurat 112.

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat di Jabodetabek masih akan terjadi sepanjang Rabu ini.

Sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan warga untuk siaga dan menyelamatkan dokumen-dokumen penting.


“Selamatkan dokumen penting dan simpan di tempat aman, dapat juga di-scan dan disimpan di cloud. Pindahkan barang-barang berharga ke tempat aman, siapkan baterai cadangan untuk siap-siap jika ada pemadaman listrik,” demikian petikan pernyataan Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi (Kapusdatinkom) BNPB Agus Wibowo beberapa saat lalu.

BNPB secara berkala memberi informasi tentang ketinggian air di beberapa pintu air, melalui Twitter. Termasuk ketinggian air di bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat, yang pada pukul 09.10 pagi mencapai 170 sentimeter. [voa]