Beranda » Media Kampus » Dekan FKM Unhas Sampaikan Empat Kunci Sukses Ala Bugis Makassar Kepada Maba
Dekan FKM Unhas Sampaikan Empat Kunci Sukses Ala Bugis Makassar Kepada Maba
Media Kampus

Dekan FKM Unhas Sampaikan Empat Kunci Sukses Ala Bugis Makassar Kepada Maba

MAKASSAR, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas), Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes., M.Med.Ed. menyampaikan empat kunci sukses ala Bugis Makassar kepada 286 Mahasiswa baru (Maba) tahun akademik 2019/2020, saat pelaksanaan Penerimaan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru (P2KMB), Jumat (9/8).

Keempat kunci sukses Bugis Makassar tersebut menurut Amin adalah lempu (jujur), getteng (konsisten), acca (cerdas atau pintar) atau dalam bahasa Makassar caradde serta warani atau barani yang dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai berani.

Di depan maba dari 2 program studi yaitu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Gizi itu, Amin menyampaikan, bahwa waktu akan menunjukan, apakah maba masuk dengan cara jujur atau dengan cara lain, itu akan terlihat yang bersangkutan memiliki kejujuran atau tidak.

Demikian juga dengan getteng atau konsisten dapat dilihat dari punya pendirian atau tidak yang bersangkutan, termasuk konsisten dengan tidak merokok di Kawasan kampus FKM, semetara terkait acca atau caradde, Amin menghimbau agar mahasiswa harus memilik target minimal IPK 3,8, dan IPK itu akan membuktikan mahasiswa tergolong sebagai orang pintar atau bukan.

“Jadi intinya sesuai pesan-pesan dalam ajaran Bugis Makassar, sesorang jika ingin sukses harus cerdas dan memiliki keberanian karena jujur dan teguh pada pendirian,” tegas Amin dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut Amin juga menjelaskan, bahwa saat ini Program studi Kesehatan Masyarakat FKM Unhas, menempati peringkat kelima di Indonesia dan merupakan program studi dengan peminat tertinggi diantara program studi kesehatan Masyarakat seluruh Indonesia.

“Sekedar adik-adik ketahui, bahwa Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin menempati peringkat kelima di Indonesia yang memiliki peminat tertinggi dari seluruh program studi yang ada dan Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin adalah menempati peringkat pertama dengan peminat tertinggi seluruh Program Studi Kesehatan Masyarakat di Indonesia,” terangnya.

Turut hadir dalam penerimaan mahasiswa baru tersebut adalah semua Wakil Dekan FKM Unhas dan para panitia pelaksana, baik dosen, pegawai maupun mahasiswa. Ucapan terima kasih juga disampaikan terkhusus kepada Ketua Panitia, Adelia U. Ady Mangilep, SKM, MARS dan tim yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan P2KMB tersebut. (*/464ys)