Elnusa Petrofin Lengkapi Dash Cam dan Buzzer Over Speed untuk Mobil Tangki BBM
Direktur Operasional dan Marketing PT Elnusa Petrofin, Nur Kholis memantau Buzzer Over Speed pada kendaraan truk tangki BBM.

JAKARTA – Faktor safety atau keselamatan, merupakan fondasi utama Elnusa Petrofin (EPN) disetiap kegiatan operasionalnya, termasuk memastikan keselamatan dalam seluruh proses distribusi BBM Pertamina melalui mobil tangki.

Hal ini menjadi perhatian penuh PT. Elnusa Petrofin (EPN). Perusahaan jasa hilir migas terpercaya yang salah satu kegiatan usahanya adalah Fleet Management, dimana EPN mengelola pendistribusian BBM PSO (Public Service Obligation/Subsidi) dan Bahan Bakar Khusus (BKK) Pertamina ke SPBU-SPBU menggunakan mobil tangki BBM.

Mobil tangki yang membawa ribuan liter BBM ini tentunya memiliki risiko saat menjalankan tugas. Dari itu, EPN terus berusaha untuk memberikan inovasi sekaligus sebagai upaya dalam meningkatkan faktor keselamatan.

Elnusa Petrofin Lengkapi Dash Cam dan Buzzer Over Speed untuk Mobil Tangki BBM
Nur Kholis, Direktur Operasional dan Marketing PT Elnusa Petrofin.

Direktur Operasional dan Marketing PT. Elnusa Petrofin, Nur Kholis mengatakan, berbagai terobosan dikeluarkan agar kegiatan distribusi BBM semakin baik. Hal ini dilakukan baik dari segi sumber daya manusia maupun dalam hal teknologi yang dilakukan di kendaraan mobil tangki.

“Health, Safety, Environment atau HSE memang sudah menjadi budaya utama EPN dalam menjalankan tugas. Hal ini tentunya berlaku baik yang bekerja di dalam kantor, Terminal BBM (TBBM) terlebih supir mobil tangki yang bekerja langsung di jalan raya,” kata Nur Kholis.

“Teknologi seperti Dash cam dan Buzzer over speed menjadi salah satu inovasi sekaligus upaya dalam meningkatkan faktor keselamatan EPN dalam meningkatkan faktor keselamatan. Bahkan EPN menjadi Pioner, yang pertama kali menerapkan teknologi ini di Indonesia,” lanjutnya.

Sedangkan Kepala Departemen HSE EPN, Lisda Dwi Rahayu menambahkan, HSE memang menjadi perhatian penuh dan sudah menjadi arahan dari Pertamina.

Dari itu, teknologi seperti dash cam sangat membantu dalam memonitoring kerja para Awak Mobil Tangki (AMT). 4 kamera ini terpasang di dashboard dalam mobil, bagian belakang tangki, samping mobil, dan dashboard yang menghadap keluar mobil.

Dari dash cam ini, manajemen EPN bisa memantau kerja dan mengusahakan agar para AMT mematuhi 12 jam kerja. Selain itu, rekaman dari dash cam tentunya dapat menjadi alat bukti otentik untuk segala macam aktivitas pekerjaan, atau jika ada investigasi.

Selain dash cam, buzzer over speed dan GPS juga menjadi teknologi yang diterapkan EPN. Buzzer Over Speed ini berada di dalam cabin mobil tangki dan berbunyi sebagai alarm jika kecepatan kendaraan melebihi angka 60km per jam.

Kepala Departemen IT EPN, Angga Marta Pradana menjelaskan bahwa mobil tangki yang telah dipasang alat-alat ini secara langsung di monitoring di kantor pusat. Semua data dikumpulkan dan diinformasikan ke masing-masing daerah jika terjadi pelanggaran.

“Teknologi dan Inovasi ini menjadi wujud komitmen EPN dalam penerapan HSE. Disamping itu, walapun teknologi ini baru dimulai di awal 2019 di beberapa daerah di Sumatera,” jelasnya.

“Kita memantau bahwa dalam perjalanannya telah terbukti memberikan efek positif. Harapan kami, semoga inovasi pioner EPN ini kedepannya dapat diterapkan untuk seluruh mobil tangki sampai pelosok daerah-daerah di Indonesia,” pungkas Nur Kholis. (*)