Advertisement - Scroll ke atas
  • Pemkot Makassar
  • Pemkot Makassar
Kesehatan

Hindari 9 Menu Sarapan Ini, Untuk Jaga Lingkar Pinggang Anda!

316
×

Hindari 9 Menu Sarapan Ini, Untuk Jaga Lingkar Pinggang Anda!

Sebarkan artikel ini
  • Pemprov Sulsel
  • Bapenda Makassar
  • PDAM Makassar
  • DPRD Makassar
  • Siaran Digital

MEDIASULSEL.com – Beberapa penelitian menemukan bahwa sarapan itu sangatlah penting, sarapan juga baik bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan atau sedang menjaga berat badan Anda. Namun, bukan berarti tidak sarapan merupakan sebuah kebiasaan yang sehat.

Ini disebabkan karena dengan mengkonsumsi sarapan yang berkualitas baik justru akan membuat Anda memiliki energi ekstra untuk menjalani hari Anda, mengurangi rasa lapar, dan menurunkan resiko terjadinya berbagai macam penyakit.

Advertisement
Scroll untuk melanjutkan

Di bawah ini Anda dapat melihat 9 menu sarapan yang buruk bagi kesehatan dan lingkar pinggang Anda serta apa menu pilihan yang lebih sehat untuk menggantikannya.

1. Tidak Sarapan Sama Sekali
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard, sekitar 27% peserta pria yang tidak sarapan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita gangguan jantung, sedangkan sekitar 28% peserta wanita yang tidak sarapan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita diabetes tipe 2.

Selain dapat memberikan energi tambahan, sebuah penelitian lain menemukan bahwa orang yang sarapan setiap harinya akan membakar 400 kalori lebih banyak di sepanjang hari bila mereka meningkatkan aktivitas fisiknya.

2. Smoothies Siap Saji
Smoothies memang merupakan minuman yang baik bagi kesehatan Anda, akan tetapi bila Anda tidak membuatnya sendiri, maka smoothies yang Anda konsumsi mungkin akan memiliki jumlah kalori yang sama dengan sebuah Big Mac dan kentang goreng. Hal ini dikarenakan banyaknya tambahan gula di dalamnya. Oleh karena itu, akan lebih baik bila Anda membuat smoothies. Anda sendiri dengan mengkombinasikan greek yogurt, buah beku, dan susu tanpa tambahan gula apapun.

3. Jus Buah
Walaupun memiliki jumlah kalori yang lebih sedikit daripada smoothies dan mengandung berbagai jenis vitamin serta antioksidan; jus buah juga bukan cara terbaik untuk memulai hari

Lihat Juga:  Ini Alasan Karyawan Wajib Cuti Jika Sedang Sakit Flu

Anda karena kurangnya jumlah serat di dalamnya dan banyaknya gula tambahan di dalam jus buah (yang bahkan hampir sama dengan segelas minuman bersoda).

Selain itu, gula yang terdapat dalam bentuk cair (dalam jus buah) akan meningkatkan kadar gula darah dan kadar insulin dengan lebih cepat dibandingkan dengan saat Anda mengkonsumsi buah segar yang memiliki nilai nutrisi yang hampir sama (misalnya jus apel dibandingkan dengan buah apel). Gantilah menu sarapan Anda dengan buah segar dan semangkuk greek yogurt di pagi hari.

4. Porsi Sarapan Sangat Sedikit
Porsi sarapan yang lebih sedikit justru dapat membuat lingkar pinggang Anda bertambah besar lho. Menurut sebuah penelitian, peserta wanita yang mengalami obesitas justru mengalami penurunan berat badan sekitar 2 kg lebih banyak saat mereka makan lebih banyak di pagi hari dan sedikit di siang dan malam hari. Oleh karena itu, dianjurkan agar Anda mengkonsumsi. Setidaknya 350 kalori saat sarapan, yang mengandung setidaknya 20 gram protein untuk meningkatkan rasa puas dan kenyang.

5. Waffle, Pancake, Bagel, dan Muffin
Waffle, pancake, bagel, dan muffin merupakan pilihan sarapan yang cukup umum, akan tetapi keempatnya mengandung banyak tepung olahan. Selain itu, keempatnya juga hanya mengandung sedikit serat atau protein. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang sarapan telur (mengandung protein) akan mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak (65% lebih banyak, terutama pada bagian perut) dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi karbohidrat.

6. Roti Isi Telur
Salah satu menu sarapan yang juga cukup populer adalah roti isi telur, ham, dan keju. Akan tetapi, menu sarapan seperti ini mengandung lebih banyak karbohidrat dibandingkan dengan protein. Untuk meningkatkan jumlah protein, konsumsilah setidaknya 2 butir telur dan 1 potong bacon tanpa lemak.

Lihat Juga:  Kunjungan Kerja Komisi IX DPR, Dokter Spesialis Wajib Ikut Program WKDS

7. Kopi
Tahukah Anda bahwa berbagai jenis minuman kopi, seperti frappucino atau macchiato mengandung lebih dari 300 kalori dan mengandung gula yang sangat banyak? Terlalu banyak mengkonsumsi gula di pagi hari justru akan membuat Anda merasa lebih lapar dan ingin mengkonsumsi makanan manis di siang hari saat kadar gula darah telah menurun. Bila Anda tetap ingin mengkonsumsi berbagai jenis kopi, pilihlah cappuccino atau latte dan perkecil ukuran minuman Anda. Selain itu, jangan tambahkan whipped cream dan sirup.

8. Sereal Dingin yang Terbuat dari Gandum Utuh
Tahukah Anda bahwa klaim yang menyebutkan bahwa sebuah sereal terbuat dari gandum utuh dapat berarti sereal tersebut mengandung banyak gula, garam, dan lebih banyak kalori?. Menurut para peneliti di Harvard, quaker old oat masih termasuk menu sarapan sehat yang mengandung 27 gram karbohidrat dan 4 gram serat.

9. Greek Yogurt Aneka Rasa
Greek yogurt telah dianggap sebagai makanan super karena mengandung lebih banyak protein (2 kali lebih banyak) dan lebih sedikit gula (setengah) dibandingkan dengan yogurt biasa. Akan tetapi, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa greek yogurt ternyata juga mengandung cukup banyak gula, yaitu 5-7 sendok teh gula per cup.

Untuk menghindari hal ini, pilihlah greek yogurt plain dan tambahkan buah kering atau segar ke dalamnya karena greek yogurt aneka rasa akan mengandung lebih banyak gula (3-4 kali lipat) daripada greek yogurt plain. (ald)