MAKASSAR – Save The Children bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Pelatihan Dukungan Psikososial Penanganan Anak Berhadapan dengan Hukum.
Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, Selasa (4/2/2020) hingga Kamis (6/2/2020) di Hotel MaxOne Makassar dan diikuti oleh peserta yang berasal dari kalangan Pekerja Sosial, Aparat Penegak Hukum, Petugas Kemasyarakatan dan pendamping anak dari sejumlah lembaga.

Kepala Dinas P3APPKB Sulsel, Ilham A Gazaling mengatakan, dalam penanganan Kasus Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH), baik yang berstatus sebagai pelaku, saksi maupun korban, diperlukan pendekatan psikologi yang baik.

“Mereka (ABH red.) pasti menghadapi tekanan yang cukup berat. Untuk itu, kita perlu memiliki tenaga-tenaga yang memiliki kemampuan yang mumpuni dalam rangka memberikan dukungan psikosial terhadap ABH ini,” jelasnya.

Dengan adanya pelatihan ini, lanjut Ilham, diharapkan kebutuhan akan SDM-SDM yang andal dalam penanganan ABH, khususnya dalam memberikan pendampingan psikosial dapat terpenuhi.

“Dalam pelatihan ini, kita tidak hanya mengikutkan para Pekerja Sosial saja. Tetapi juga dari Aparat Penegak Hukum, Petugas Kemasyarakatan dan pendamping lainnya. Tujuannya, agar di setiap fase yang harus mereka (ABH red.) lalui, mereka akan berhadapan dengan orang-orang yang dapat memberikan dukungan atau pendampingan psikososial,” jelas Ilham.

Ilham sendiri berharap, kedepannya penanganan terhadap permasalahan anak di Sulawesi Selatan dapat dilakukan secara terintegrasi. “Dengan begitu, kami yakin permasalahan anak yang ada dapat diselesaikan secara menyeluruh,” katanya. [*]