KMP-UNM Buka Kegiatan Abdi Bina Desa di Pinrang

KMP-UNM Buka Kegiatan Abdi Bina Desa di Pinrang
Kerukunan Mahasiswa Pinrang Universitas Negeri Makassar (KMP-UNM) sukses melaksanakan agenda pembukaan Abdi Bina Desa (ABD) di Dusun Bone, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulsel, Sabtu (30/07/2022).

PINRANG—Kerukunan Mahasiswa Pinrang Universitas Negeri Makassar (KMP-UNM) sukses melaksanakan agenda pembukaan Abdi Bina Desa (ABD) di Dusun Bone, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulsel, Sabtu (30/07/2022).

Abdi Bina Desa yang akan berlangsung selama sepuluh hari dari 30 Juli hingga 8 Agustus 2022 , dengan mengusung tema “BERGELORA – Bergerak Berkolaborasi Bersama”, resmi dibuka langsung Kepala Desa Ulusaddang, Maskur, di halaman Pustu (Puskesmas Pembantu) dusun Bone, Ds. Ulusaddang, Kec. Lembang, Kab. Pinrang.

Kegiatan tersebut didasari salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu, pengabdian kepada masyarakat.

Menurut Presiden KMP UNM, Raihan kegiatan ABD merupakan salah satu program kerja tahunan KMP UNM guna mengaktulisasikan pengatahuan mahasiswa kepada masyarakat.

“Kegiatan ini dilaksanakan guna mengimplementasikan pengatahuan mahasiswa kepada masyarakat, karena sebagai kaum terdidik harus berada di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan trobosan terbaru,” ujarnya.

ABD di Desa Ulusaddang sudah kali ketiga dilaksanakan, namun fokus di dusun yang berbeda. Maskur juga menambahkan bahwa masyarakat di Dusun Bone sangat aktif terhadap kegiatan kemahasiswaan yang akan dilaksanakan KMP UNM

Berita Lainnya

“Masyarakat mengharapkan kepada adik mahasiswa KMP UNM dalam mengembangkan beberapa hal dalam desa kita (Ulusaddang) terutama di dusun Bone. Salah satu diantaranya dalam mengembangkan desa wisata untuk menarik masyarakat luar melihat Desa kita ini,” jelasnya.

Adapun beberapa item kegiatan pada ABD tahun ini yang langsung di sampaikan oleh Steering Committe yakni Eksplor Wisata, Budidaya Air Tawar, Pelatihan Pembuatan Sirup Kecombrang, ABADI (Aktivitas Belajar dan Mengabdi) dan dimeriahkan pada malam puncak Ramah Tamah.

Selain memberikan edukasi, panitia juga berharap dapat berkolaborasi atau bersinergi dengan masyarakat. Sehingga tujuan dari hadirnya KMP UNM dapat terealisasi serta bermanfaat bagi masyarakat di Dusun Bone. (p2/70n)

Berita Terkait