Liverpool vs Southampton, The Reds Menang Telak 4-0 | Pekan ke-25 Liga Inggris

0
46

BOLA – Liverpool kembali menorehkan poin penuh melawan Southampton, dengan skor telak 4-0 laga ke-25 Liga Inggris di Stadion Anfield, Sabtu (1/2/2020) waktu Inggris.

Di babak pertama, The Reds tampak berhati-hati, sehingga tempo kedua tim berjalan dengan lambat. Southampton memilih untuk menunggu pemain Liverpool membuat kesalahan.

Selama 10 menit laga berjalan, permainan Liverpool tak kunjung membaik, tak terlihat permainan cepat dan umpan-umpan mematikan dari skuat Liverpool.

Situasi ini bisa dimanfaatkan Southampton. Moussa Djenepo melepaskan sepakan dari luar kotak penalti yang masih bisa ditepis Alisson di menit ke-27 babak pertama.

Pada menit ke-31, Liverpool menciptakan dua peluang sekaligus. Namun, peluang dari Virgil van Dijk dan Mohamed Salah bisa diantisipasi McCarthy.

Setelah dua peluang tersebut, membuat skuat tim asuhan Juergen Klopp berada dalam tekanan menjelang babak pertama berakhir.

Tim Southampton bahkan dapat dua peluang emas melalui Danny Ings dan Shane Long yang bisa digagalkan Alisson yang tampil apik di bawah mistar.

Pada babak kedua, Liverpool membutuhkan waktu 2 menit untuk unggul 1-0. Sepakan Alex Oxlade-Chamberlain dari luar kotak penalti bersarang ke pojok kiri gawang Southampton.

8 menit berselang, Mo Salah kembali menempatkan namanya di papan skor usai menerima umpan dari Firmino. Namun, gol tersebut dianulir karena Salah sudah berada dalam posisi offside.

Pergerakan Firmino di menit ke-60, dari sisi kiri penyerangan diakhiri dengan umpan ke Jordan Henderson yang dengan tenang menceploskan bola ke gawang Southampton di dalam kotak penalti, Liverpool memperbesar skor jadi 2-0.

12 menit berselang, Southampton semakin terbenam. Umpan terobosan Henderson dari sisi kanan mengarah tepat ke Mohamed Salah yang berlari sendirian ke dalam kotak penalti.

Penyerang sayap asal Mesir itu lantas dengan tenang menceploskan bola ke gawang McCarthy dalam duel satu lawan satu. Skor pun berubah 3-0. Liverpool tetap tampil menyerang dan Southampton sesekali memberikan ancaman.

Gol tambahan pun bisa diciptakan Liverpool kembali melalui Salah pada menit ke-90. Kemenangan dengan skor 4-0 membuat Liverpool kokoh di puncak klasemen dengan 73 poin.

Liverpool kini unggul 22 poin dari Manchester City yang menempati posisi kedua dan baru akan bermain melawan Tottenham Hotspur pada Minggu (2/2/2020).

Susunan pemain Liverpool vs Southampton

Liverpool (4-3-3):

Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Georginio Wijnaldum, Fabinho, Jordan Henderson; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Alex Oxlade-Chamberlain.

Southampton (4-4-2):

Alex McCarthy; James Ward Prowse, Jack Stephens, Jan Bednarek, Ryan Betrand; Moussa Djenepo, Oriol Romeu, Pierre Hojbjerg, Nathan Redmond; Shane Long, Danny Ings. (*)