MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar terus bergerak membangun jaringan internasional, menciptakan keterhubungan global demi perubahan Makassar menjadi kota yang lebih cerdas. Salah satu upaya yang dilakukan yakni menggelar sekaligus menjadi tuan rumah pelaksanaan konferensi Internasional Kota Cerdas (Smart City) yang akan dilaksanakan selama dua hari, 27-28 Februari 2020. Kegiatan ini di inisiasi Pemkot Makassar bersama dengan Japan Association for Smart Cities in ASEAN (JASCA).

Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb yang saat ini tengah mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2020 di Jakarta, pada Kamis (20/2) saat dikonfirmasi menjelaskan tujuan pelaksanaan konferensi internasional ini.

“Perubahan kota cerdas saat ini sangat massif di kota-kota maju dan salah satunya adalah Jepang. Kita ingin menjadi bagian dari proses perubahan itu dengan membangun keterhubungan secara global dengan masuknya Kota Makassar dalam anggota ASCN (Asian Smart City Network), kelanjutan dari berbagai kegiatan berskala internasional baru baru ini di Yokohama (Jepang), kini kita akan menghadirkan dan mempertemukan para stakeholder pengembang kota cerdas di Kota Makassar, baik yang dari sektor private Jepang maupun sektor lokal kita” ujar Iqbal ditengah pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2020 yang berlangsung di Jakarta, pada Kamis (20/2) .

Menurut Iqbal, konferensi ini akan menghadirkan paling sedikit 22 perusahaan besar di Jepang yang tergabung sebagai anggota JASCA (Japan Association for Smart Cities in ASEAN), para rektor dari kampus besar di Indonesia Timur, perwakilan pemerintah Pusat, Pemerintah Propinsi Sulsel, kepala daerah, perusahaan lokal, dan juga komunitas kreatif di Kota Makassar.

“Kita sangat bersyukur karena Pemerintah Jepang, khususnya Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang ikut menjadi inisiator dari pertemuan ini. Kami juga mendapat dukungan besar dari Pemerintah Pusat serta Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan. Saya minta seluruh pihak, khususnya OPD kita bekerja maksimal menyukseskan even ini” lanjut Iqbal.

Sementara itu, Kepala Dinas komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Ismail Hajiali yang juga menjadi leading sektor kegiatan ini menjelaskan secara tekhnis persiapan yang tengah dilakukan.

“Alhamdulillah persiapannya berjalan lancar, baik itu lokasi pelaksanaan konferensi, termasuk seluruh undangan yang saat ini tengah dibagikan. Kami berharap seluruh pihak ikut membantu, termasuk warga kita agar menjadi tuan rumah yang baik. Mari kita tunjukkan keramahtamahan kita sebagai warga Makassar, termasuk tetap menjaga kebersihan kota” ujar Ismail.

Untuk perwakilan pemerintah pusat yang dijadwalkan hadir menurut Ismail yakni Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri RI, Direktur Kerjasama Ekonomi Asean Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Direktorat Jenederal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika. Konsulat Jepang di Kota Makassar serta organisasi pengusaha juga di undang di acara ini. [*]