Pertemuan Plt Gubernur dan Dirut Pelindo Bahas Kelanjutan Dry Port
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman didampingi Kepala Dinas Perdagangan sulsel Ashari Fakshirie Radjamilo menerima Direktur Utama PT. Pelindo IV, Prasetyadi di Rujab Wagub Sulsel, Rabu (30/6/2021).

MAKASSAR—Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman didampingi Kepala Dinas Perdagangan sulsel Ashari Fakshirie Radjamilo menerima Direktur Utama PT. Pelindo IV, Prasetyadi di Rujab Wagub Sulsel, Rabu (30/6/2021).

Plt Gubernur Sulsel mengatakan, pertemuan dengan Dirut Pelindo membahas rencana kelanjutan Dry Port. Yang menjadi hub bagi hadirnya pelabuhan besar, Makassar New Port (MNP).

“Bersama Dirut Pelindo IV kami membahas optimalisasi dan akselerasi proyek strategis Nasional (PSN), Makassar New Port (MNP) . Pemprov harus hadir dalam proses proyek strategis ini sebagai bagian dalam menegaskan Sulsel sebagai hub Indonesia Timur,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan mendorong pertumbuhan ekonomi ini menjadi langkah Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam upaya pemulihan ekonomi di kondisi pandemi Covid-19.

“Hadirnya pelabuhan Makassar New Port (MNP), kita berharap benar-benar bisa menjadikan hub alias tempat yang di dalamnya terjadi aktivitas transit barang atau persinggahan barang di wilayah Indonesia Timur,” tuturnya.

Andi Sudirman juga mendorong terbukanya akses direct call atau pengiriman langsung ke Luar Negeri. Yang bisa meningkatkan nilai ekspor dari Sulsel. Utamanya dalam hasil pertanian.

“Kita juga terus mendorong akses direct call, apalagi Pemprov Sulsel telah melakukan perjanjian kerjasama (PKS) bersama PT. Pelindo IV untuk pembangunan lokasi pergudangan untuk Pelabuhan Daratan atau Dry Port di Jeneponto untuk wilayah Selatan dan akan direncanakan di kabupaten Sidrap untuk wilayah Utara,” terangnya.

Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Radjamilo menyampaikan, untuk perencanaan Dry Port di Jeneponto sementara dalam tahap perencanaan study kelayakan dari Pemprov Sulsel, bersama PT. Pelindo IV dan melibatkan perguruan tinggi.

“Bapak Plt Gubernur selalu mendorong agar bisa membuka direct call ke luar negeri. Sehingga bisa memicu lahirnya pertumbuhan ekonomi baru dan akan memunculkan eksportir baru sehingga akan menambah taraf kesejahteraan masyarakat,” kata Ashari.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi Mengaku sangat mendukung rencana Plt Gubernur untuk rencana kerjasama dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulsel.

“Kami sangat mendukung upaya peningkatan PAD Sulsel Serta bersama Plt Gubernur untuk membahas lebih lanjut bersama dengan Menteri Perhubungan dan Menteri BUMN,” tutupnya. (*)