Rehabilitasi Irigasi Kalosi Pinrang, Plt Gubernur Sulsel Harap Bisa Tingkatkan Produktivitas Petani
Progres pengerjaan rehabilitasi Daerah Irigasi Kalosi Kabupaten Pinrang sekitar 16,32 persen per akhir bulan Juli 2021 ini.

PINRANG—Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Provinsi Sulawesi Selatan mencatat untuk progres pengerjaan rehabilitasi Daerah Irigasi Kalosi Kabupaten Pinrang sekitar 16,32 persen per akhir bulan Juli 2021 ini.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, dalam rehabilitasi irigasi Kalosi ini dengan jenis pekerjaan berupa rehabilitasi Bendung Kalosi, rehabilitasi saluran sekunder Kalosi kiri, rehabilitasi saluran induk Kalosi kanan, rehabilitasi saluran sekunder Tadokkong, rehabilitasi saluran sekunder Karajo, rehabilitasi saluran sekunder Dedeko. Dengan nilai anggaran sekitar Rp 10 Miliar.

“Rehabilitasi DI Kalosi sedang on progres. Saat ini, sudah progres pengerjaan 16,32 persen,” kata Andi Sudirman, Sabtu (31/7/2021).

Dengan pengerjaan irigasi ini, nantinya akan mengairi pada luas areal/lahan sekitar 1.004 hektar.

Dimana kondisi sebelum pengerjaan, sedimen dibendung sudah rata dengan mercu. Bahkan lantai saluran banyak yang mengalami kerusakan (bocor). Serta masih ada saluran yang existingnya masih berupa tanah (belum permanen), sehingga tingkat kehilangan air banyak.

“Dengan pengerjaan rehabilitasi DI Kalosi ini, diharapkan bisa mengurangi tingkat kehilangan air pada saluran. Serta bisa mengoptimalkan fungsi irigasi pada area layanan sekitar, sehingga diharapkan bisa meningkatkan produktivitas hasil pertanian dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelasnya. (*)