Beranda » News » Ruang Kelas Terendam Banjir, SMPN 1 Tanjung Palas Diliburkan
News

Ruang Kelas Terendam Banjir, SMPN 1 Tanjung Palas Diliburkan

BULUNGAN – SMPN 1 Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, mulai Selasa (23/5) terpaksa harus meliburkan 440 muridnya, akibat genangan air yang merendam seluruh ruangan yang ada di sekolah tersebut.

Menurut salah seorang guru di sekolah tersebut, Sutaryono, S.Pd, bajir terjadi disebabkan curah hujan yang relatif tinggi di hulu sungai dalam beberapa hari terakhir, sehingga sungai Kayan yang berada tidak jauh dari sekolah tersebut semenjak minggu (21/5) meluap.

“Banjir ini karena sungai Kayan meluap, akibat beberapa hari ini hujan deras di hulu sungai yaitu di daerah Pujungan dan Bahau, sedangkan di daerah hilir hutannya sudah mulai berkurang, beralih fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit,” jelas Sutaryono.

Lebih lanjut Sutaryono menjelaskan, banjir kiriman dari hulu bertemu dengan air laut pasang, sehingga air sungai meluap dan menggenangi daerah sekitar aliran sungai yang letaknya dekat dengan laut yaitu kota Tanjung Selor yang merupakan ibukota kabupaten Bulungan dan ibukota provisi Kalimantan Utara dan kecamatan Tanjung Palas yang berada di seberangnya.

Selain SMPN 1 Tanjung Palas yang memiliki 14 kelas ini, banjir juga berdampak pada beberapa sekolah lain, yang ada di kecamatan Tanjung Selor dan Tanjung Palas.

“Sebagian besar Sekolah ruangannya terendam banjir, sehingga siswa terpaksa diliburkan. sekolah yang terdampak di kecamatan Tanjung Selor, ada 9 SD, 4 SMP, 1 SMK dan 1 SMA. Sementara di kecamatan Tanjung Palas, 13 SD, dan 5 SMP,” Sutaryono yang merupakan alumni FKIP Universitas Jember, Jawa Timur itu. (464ys)