Beranda ยป Makassar ยป BB POM Sulsel Targetkan Biring Romang Menjadi Kelurahan PAMAN
Makassar

BB POM Sulsel Targetkan Biring Romang Menjadi Kelurahan PAMAN

MAKASSAR – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BB POM) Sulawesi Selatan (Sulsel), menargetkan Kelurahan Biring Romang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar menjadi kelurahan Pangan Aman (PAMAN) di kota Makassar.

Hal itu terungkap dari penyampaian Kepala Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen, BB POM Sulsel, Dra. Erni Arnida, Apt, MH, saat memberikan arahan kepada peserta Sosialisasi Advokasi Kelembagaan Desa, Gerakan Keamanan Pangan Desa, di Aula kantor kelurahan Biring Romang, Kamis (15/3).

Kepada mediasulsel.com, Erni mengatakan, bahwa pelaksanaan kelurahan PAMAN bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat di bidang keamanan pangan, sehingga dapat melakukan pengawasan keamanan pangan secara mandiri, dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai tingkat perseorangan, serta memperkuat ekonomi masyarakat.

Dipilihnya Kelurahan Biring Romang sebagai calon Kelurahan Bahan bersama 2 kelurahan lain se Sulsel ini, lanjut Erni dikarenakan, Kelurahan Biring Romang cukup memenuhi syarat untuk diarahkan menjadi kelurahanan PAMAN.

“Secara Nasional tahun ini ditargetkan terdapat 100 Desa/Kelurahan PAMAN, khusus di Sulawesi Selatan ada 3 Desa/Kelurahan yang kita targetkan, salah satunya kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, yang kita nilai memenuhi syarat, yang salah satunya, Lurah beserta perangkatnya memiliki komitmen yang kuat dalam menerima program ini,” jelas Erni.

Menanggapi hal tersebut, Lurah Biring Romang, Rahmat, SE mengaku bangga mendapat kepercayaan menjadi calon kelurahan PAMAN, apalagi Biring Romang merupakan kelurahan yang baru satu tahun dimekarkan dari kelurahan Bangkala.

“Sebagai kelurahan yang baru berusia 1 tahun, tentu saya merasa bangga dengan kepercayaan yang diberikan BP POM ini, olehnya itu saya berharap dukungan semua komponen masyarakat untuk bisa secara bersama-sama mewujudkan Biring Romang sebagai Kelurahan PAMAN,” tegas Rahmat.

Sementara itu Kepala Seksi Pemerintahan, Kecamatan Manggala, Sofiwati, SE yang hadir mewakili Camat Manggala mengatakan, bahwa Untuk menyelamatkan generasi ke depan, harus dimulai dengan menjaga keamanan dan kelayakan makanan yang dikonsumsi, jadi semua komponen masyarakat terlibat dalam menjaga dan mengawasi peredaran pangan di lingkungan setempat.

Dra. Adilah Pababari, Apt, MM, yang bertindak selaku nara sumber utama secara terinci menjelaskan tahapan dan langkah-langkah untuk menuju kelurahan PAMAN, yang antara lain Penguatan Kapasitas Desa/Kelurahan, Pemberdayaan Masyarakat, Pengawasan Keamanan Pangan, hingga Monitoring dan Evaluasi. (464ys)