Begini Trik Foto Keren dengan Kamera HP, Aesthetic!
Ilustrasi

TEKNO—Saat ini hampir semua orang memerlukan perhatian visual apalagi konten seperti foto yang bisa dinikmati lewat berbagai media. Kebutuhan untuk memotret sekarang juga sudah bisa dilakukan lewat kamera HP yang sudah terbilang sangat canggih. Ada beberapa trik foto keren dengan kamera HP yang perlu Anda ketahui supaya foto yang didapat bisa aesthetic.

Bagaimana Cara Foto Keren dengan Kamera HP?

Banyak orang bertanya apakah penggunaan HP juga bisa menghasilkan foto keren dan jawabannya adalah iya. Anda bisa menghasilkan foto berkualitas dengan HP yang dilengkapi dengan fitur kamera super canggih seperti oppo a31. Foto ala selebgram bisa Anda dapatkan dengan beberapa trik mengambil foto berikut ini:

1. Perhatikan Fitur Kamera HP

Langkah pertama yang diperlukan adalah mengetahui terlebih dahulu bagaimana fitur yang dimiliki oleh ponsel milik Anda. Kenali terlebih dahulu kemampuan perangkat Anda di dalamnya seperti besaran megapixel, ISO, bukaan lensa, hingga resolusi yang diberikan.
Semakin canggih sebuah HP maka akan menghasilkan setting dan kualitas yang bagus juga, jadi sebaiknya perhatikan ini.

Oppo A31 adalah HP yang cocok untuk Anda pakai dalam memotret berbagai objek dengan triple kameranya yang canggih. Kamera ini bisa dipakai dalam pengambilan beberapa mode berbeda seperti misalnya untuk makro, lebar, maupun depth.

2. Gunakan Bantuan Cahaya

Sebuah teknik yang bisa Anda pakai ketika mengambil gambar adalah memperhatikan bagaimana keadaan cahaya di lingkungan. Cahaya yang cukup baik itu dari matahari atau lampu akan membuat sebuah foto tampak lebih tajam serta mencolok.

Ketika sebuah cahaya hadir dari bagian belakang objek maupun dari samping, maka ini bisa membuat foto tampak lebih bagus. Foto yang dihasilkan akan terlihat lebih terang dan juga akan ada beberapa pantulan cahaya yang mempercantik foto.

3. Cari Fokus yang Pas

Tips selanjutnya adalah dengan melakukan zooming atau Anda juga bisa mendekatkan HP dengan objek yang akan difoto. Teknik memperbesar kurang disarankan karena bisa menurunkan kualitas foto kecuali HP milik Anda sudah terbilang canggih.

Zoom seringkali membuat sebuah foto menjadi lebih buram dan warnanya tidak begitu mencolok. Sebaiknya lakukan pendekatan secara manual saja pada objek yang nantinya akan difoto karena tidak akan mempengaruhi resolusi yang didapatkan.

4. Pastikan Tangan Stabil

Satu hal yang cukup sulit bagi beberapa orang adalah menjaga supaya tangan tetap stabil ketika tengah memotret sesuatu. Untuk HP sendiri, Anda perlu memastikan agar tangan stabil dan mencoba sebisa mungkin untuk tidak goyang.

Saat memotret dalam kondisi goyang biasanya akan membuat kualitas foto menjadi blur dan kurang tajam pada beberapa bagian. Trik foto keren dengan kamera HP dalam hal ini yaitu memakai tripod. Pakailah tripod misalnya untuk mengambil sebuah foto dan menjaga kestabilan tanpa perlu takut tangan akan goyang.

5. Atur Shutter Speed

Banyak orang tidak memperhatikan kegunaan shutter speed ketika melakukan pemotretan menggunakan HP. Fitur ini sangat berguna apalagi ketika sebuah foto memiliki cahaya yang kurang atau bahkan berlebihan. Kegunaan fitur ini sebenarnya untuk mengatur bagaimana sebuah kamera akan menyerap cahaya dari luar atau dari objek tertentu.

Beberapa HP mungkin tidak memunculkan fitur ini tapi Anda bisa dengan mudah mendapatkannya lewat berbagai aplikasi di Google Play. Ketika shutter diatur agar lebih lama maka nantinya foto akan tampak lebih cerah karena menyerap lebih banyak cahaya. Biasakan gunakan shutter yang sesuai dengan kebutuhan, jangan terlalu lama atau terlalu cepat.

6. Atur ISO

Di HP, ISO sendiri merupakan sebuah fitur yang nantinya akan mempengaruhi bagaimana sensitivitas lensa pada cahaya. Ketika ISO diatur dalam tingkatan yang tinggi maka lensa akan secara otomatis menjadi semakin sensitif pada cahaya begitu sebaliknya. Pengaturan untuk ISO sendiri bergantung pada lingkungan tempat pengambilan foto terutama sekitar objek.

Ketika sebuah objek memiliki cahaya yang cukup maka bisa atur ISO di tingkatan paling rendah. ISO yang diatur terlalu tinggi sebenarnya dapat menciptakan noise pada foto yang dihasilkan nantinya. Jadi sebuah foto di tempat gelap akan memberikan kualitas foto yang juga kurang maksimal akibat ISO terlalu tinggi dan banyak noise.

7. Pandai Memilih Objek Menarik

Selain dari berbagai hal di atas, hal terpenting bagi seorang pemotret adalah kepiawaian memilih objek dan sudut pengambilan foto. Cobalah untuk membandingkan hasil foto yang telah diambil di smartphone dengan foto lain di IG misalnya.

Pelajari bagaimana seorang fotografer profesional menghasilkan sebuah gambar dengan sudut pandang yang dia ambil. Jika berhasil mendapatkannya, maka sebuah foto yang Anda ambil akan tampak mengesankan dan juga memorable.

Pentingnya Perangkat Mumpuni

Satu hal yang tidak boleh dilupakan dari hasil foto yang bagus adalah perangkat yang dipakai dalam memotret sebuah momen. HP yang dipakai akan mempengaruhi seberapa tajam warna dan kualitas foto yang dihasilkan. Oppo a31 adalah HP terkini yang bisa membantu Anda dalam mendapatkan foto aesthetic.

Saat ini, mendapatkan berbagai perangkat elektronik bisa dengan mudah melalui aplikasi Blibli yang tersedia di Android maupun iPhone. Blibli menyediakan semua yang Anda perlukan termasuk oppo a31 untuk mendukung hasil jepretan Anda.

Di Blibli terdapat berbagai diskon yang membuat harga HP bisa lebih murah daripada membeli di counter HP terdekat. Barang yang dijual di Blibli pun original jadi jangan khawatir nantinya tertipu barang palsu.

Lewat Blibli, membeli kebutuhan sudah bisa dilakukan dari mana saja tanpa perlu lagi ke luar rumah. Berbagai trik foto keren dengan kamera HP di atas bisa Anda wujudkan langsung dengan oppo a31 dari Blibli!. (AGAYS)