Polisi Israel, Minggu (30/8), memeragakan sistem laser baru yang dimaksudkan untuk mencegat balon bermuatan bahan peledak yang diluncurkan dari Jalur Gaza.

Sistem baru itu memiliki tingkat akurasi 90 persen, kata juru bicara polisi Israel Micky Rosenfeld, seraya menambahkan bahwa sistem itu dimaksudkan untuk melindungi masyarakat serta mencegah kematian dan cedera.

Rosenfeld mengatakan, tepat di luar Jalur Gaza di mana polisi berada, polisi perbatasan mengaktifkan sistem laser baru yang mampu menembak jatuh balon-balon. Ia menjelaskan, balon-balon yang bermuatan bahan peledak itu terbang dengan dorongan angin dari Jalur Gaza ke dalam Israel.

Militer Israel sebelumnya pada hari Minggu (30/8) mengatakan bahwa sistem itu menghantam target-target militan di Gaza sebagai tanggapan atas balon peledak yang terus menerus melintasi perbatasan dari wilayah yang dikuasai Hamas.

Tidak ada laporan mengenai korban di kedua belah pihak.

Kelompok-kelompok terkait Hamas telah meluncurkan sejumlah besar balon pembakar ke Israel dalam beberapa minggu terakhir yang telah membakar lahan pertanian yang luas setelah meledak.

Israel sejauh ini menanggapinya dengan serangan udara dan tembakan tank. [*]