Beranda » Makassar » FKM Unhas Kembali Menerima Mahasiswa Pascasarjana
Makassar

FKM Unhas Kembali Menerima Mahasiswa Pascasarjana

MAKASSAR – FKM adalah salah satu fakultas di Universitas Hasanuddin yang diberi kesempatan oleh pihak rektorat untuk menerima mahasiswa Pascasarjana meliputi Program Magister dan Doktor, dengan umlah mahasiswa yang akan diterima kali ini sebanyak 60 orang terdiri dari 13 orang Program Doktor dan 47 orang Program Magister.

Penerimaan mahasiswa baru ini, dilaksanakan Senin (29/1), padahal tidak biasanya, Unhas menerima mahasiswa S2 dan S3 pada semester genap, dengan demikan FKM Unhas mendapat kesempatan menerima mahasiswa Pascasarjana dua kali dalam setahun.

Dalam sambutannya Dekan FKM Unhas, Prof. Dr. drg. Andi Zulkifli, M.Kes., menyampaikan materi mengenai Peranan Pendidikan Kesehatan Masyarakat dalam Pembangunan Kesehatan di Indonesia, dengan merinci beberapa bidang keilmuan dalam bidang kesehatan masyarakat, seperti bidang epidemiologi, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Biostatistik/KKB dan Kesehatan Reproduksi, Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Kesehatan Lingkungan, Manajemen Rumah Sakit dan Gizi Kesehatan Masyarakat.

Sementara itu di kesempatan selanjutnya materi disampaikan secara bergantian oleh para Wakil Dekan dengan dipandu oleh Yahya Thamrin, PhD.
Materi Kebijakan Akademik dan Pengembangan yang diwakili Ketua Program Studi S2 Kesmas, Dr. Ridwan M. Thaha, MSc., materi Kebijakan Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya oleh Dr. dr. Indahwaty Siddin, MHSM dan materi Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., MSc.PH, PhD. Yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.

Selanjutnya materi dari Ketua Program Studi S2 dan S3 Kesehatan Masyarakat, masing-masing Dr. Ridwan Thaha, M.Sc. dan Prof. dr. Veny Hadju, MSc, PhD. Kedua materi ini lebih menekankan pada bobot SKS, hubungan mahasiswa dan dosen pembimbing, review literatur dan berbagai event internasional yang harus diikuti.

Selain itu pada jesempatan tersebut juga diberikan materi mengenai publikasi jurnal internasional berindex scopus, sistem reference dengan sistem EndNote, dan sistem penjaminan mutu. (*/464ys)