Beranda ยป Tekno ยป 11 Cara Paling Ampuh Meningkatkan Ranking Alexa Website
Tekno

11 Cara Paling Ampuh Meningkatkan Ranking Alexa Website

TEKNO – Salah satu alat yang paling banyak digunakan orang untuk mengukur ranking atau peringkat sebuah website adalah Alexa. Jika kita berbicara tentang ranking website maka Alexa sering kali menjadi rujukan utama. Walaupun ada sebagian orang yang tidak percaya dengan angka yang dikeluarkan Alexa dengan berbagai alasan. Namun faktanya Alexa masih sangat dipertimbangkan.

Apa itu Alexa rank?

Sebelum kita membahas cara, lebih baik kita bahas sedikit tentang Alexa, Alexa adalah sebuah website yang didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat, tujuannya adalah untuk melakukan pemeringkatan website-website yang ada di Internet berdasarkan banyaknya kunjungan pada setiap website. Makin banyak pengunjung maka makin tinggi peringkatnya (makin kecil angkanya), sebagai contoh pada saat artikel ini kami tulis ranking website google.com adalah 1, sedangkan youtube.com rankingnya 3, karena memang pengunjung google.com lebih banyak dibanding youtube.com. Alexa saat ini berada dibawah naungan Amazon.com karena sudah diakuisisi pada tahun 1999.

Bagaimana cara atau metode penghitungan yang dilakukan Alexa?
Alexa melakukan pemeringkatan berdasarkan jumlah pengujung, menurut Alexa sendiri, mereka mengatahui seseorang mengunjungi sebuah website dari Alexa Toolbar yang diinstall oleh orang tersebut di browsernya, namun tentu tidak semua orang menginstal Alexa Toolbar, oleh karena itu penghitungan Alexa dianggap oleh sebagian orang kurang tepat dan tidak bisa jadi acuan penilaian sebuah website, namun nyatanya Alexa tetap dijadikan indikator oleh banyak orang ketika ingin mengetahui ranking sebuah website, apalagi setelah Google tidak lagi pernah mengupdate Google Page Rank. Selain Alexa Toolbar, hal lain yang menurut kami mempengaruhi peringkat Alexa adalah jumlah link menuju website tersebut.

Cara meningkatkan peringkat Alexa

Setelah mengetahui sedikit tentang apa itu Alexa dan bagaimana sistem pemeringkatan yang dilakukan oleh Alexa. Selanjutnya tentu Anda ingin tau bagaimana cara menaikan peringkat Alexa? berikut ini beberapa cara dan metode untuk meningkatkan ranking Alexa yang kami ketahui dan kami buktikan sendiri.

1. Perbanyak pengunjung

Seperti kami sebebut sebelumnya, untuk meningkatkan ranking Alexa itu sebenarnya sederhana saja, yaitu perbanyaklah pengunjung website Anda, itu intinya.

Maka nanti dengan sendirinya peringkat website Anda akan tinggi dimata Alexa. Namun meningkatkan jumlah pengunjung itulah yang tidak mudah, karena dibutuhkan waktu, kerja keras dan disiplin ilmu tersendiri agar pengunjung website menjadi ramai.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk meingkatkan pengunjung website, yaitu sebagai berikut:

2. Perbanyak artikel

Sering-seringlah menulis artikel, karena dengan meningkatkan jumlah artikel maka kemungkinan halaman website Anda dikunjungi oleh orang lain akan semakin besar, bayangkan saja dengan memiliki 10 artikel maka kemungkinan jumlah pengujungnya akan lebih banyak jika dibandingkan dengan hanya memiliki 5 artikel saja. Selain itu ketika orang mengunjungi sebuah artikel di website Anda, kemungkinan mereka untuk klik dan membaca artikel lainnya akan terbuka lebar.

3. Artikel harus menarik

Content is king, kalimat tersebut tentu sering kali Anda dengar. Perlu diketahui bahwa banyak artikel saja belum tentu membuat website Anda banyak dikunjungi, namun Artikel yang banyak tersebut juga harus menarik dan memiliki manfaat bagi orang lain agar bisa menumbuhkan minat orang untuk membacanya.

Artikel yang biasa-biasa saja, tidak menarik, tidak bermanfaat, apalagi hanya hasil copy paste dari website lain tentu tidak akan menarik dimata orang lain dan juga dimata mesin pencari seperti Google, bahkan artikel tersebut akan dianggap sebagai spam, duplikat dan plagiat oleh mesin pencari, sehingga akan sulit bersaing dengan artikel sejenis dari website yang memiliki artikel lebih fresh dan original.

Artikel yang tidak menarik dan kurang bermanfaat juga membuat orang tidak berminat untuk membagikannya kepada teman-teman mereka di akun sosial medianya, sehingga kesempatan untuk mendatangkan pengunjung website Anda jadi berkurang.

4. ย SEO

Memiliki banyak artikel menarik juga belum maksimal tanpa dioptimasi SEO nya, artikel juga harus memenuhi syarat-syarat yang disukai Google, seperti penulisan judul yang bagus, URL yang relevan, dan kualitas konten yang mumpuni. Kualitas konten yang mumpuni ini ada banyak faktor, salah satu faktornya adalah adanya keterkaitan isi konten dengan judul dan alamat URL.

Selain itu konten yang menjelaskan sesuatu dengan tata bahasa yang bagus, lebih rinci (panjang) tentu akan semakin disukai Google dibanding konten yang pendek dan singkat. Riset kata kunci juga penting untuk mengetahui topik dan kata kunci apa saja yang sedang ramai /nge-tren dan dicari banyak orang selama ini.

Dengan menerapkan teknik-teknik SEO yang benar, sebenarnya tidak memiliki banyak artikel pun ranking Alexa bisa tinggi, asalkan teknik SEO yang digunakan bisa menghasilkan banyak pengunjung setiap harinya.

5. Link Building, Backlink

Salah satu yang membuat ranking Alexa meningkat kabarnya adalah dengan membangun link, utamanya yaitu dengan memperbayak link menuju website Anda (backlink). Dengan banyaknya link ke website Anda itu menjadi sinyal bagi Alexa bahwa website Anda adalah website yang kredibel, karena dianggap sebagai website yang menjadi rujukan. Karena di halaman Alexa backlink menuju sebuah website akan tercatat, jadi tentu hal tersebut mempengaruhi pemeringkatan mereka juga.

Backlink yang paling bagus adalah yang didapat dari website terkenal yang kredibilitasnya diakui, rankingnya tinggi dan pengunjungnya banyak.

Biasanya website pemerintahan (.gov / go.id) atau website universitas (.edu, .ac.id) akan berdampak baik bagi website Anda karena terpercaya dan memiliki ranking yang tinggi.

6. Manfaatkan sosial media

Sosial media masih menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk menyebarkan tulisan yang ada di website, karena pengguna sosial media masih sangat banyak.

Jika memungkinkan gunakan semua sosial media yang ada untuk menunjang aktivitas website Anda, ada banyak sosial media yang bisa digunakan seperti Facebook, Twitter, Google+, Instagram, Path, Pinterest dan lainnya.

Akun sosial media tentu akan semakin maksimal apabila memiliki banyak follower/like, karena jumlah follower yang banyak tentu membuat artikel yang Anda bagikan akan semakin besar kemungkinannya untuk dibaca oleh orang lain.

Sosial media memiliki banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk mendatangkan pengunjung, diantaranya adalah melalui fanpage, group, aplikasi, dan promosi berbayar. Semua fitur itu bisa Anda manfaatkan, misalnya dengan memperbanyak jumlah like fanpage di facebook, memperbanyak anggota group, memanfaatkan aplikasi facebook untuk membuat game, kuis, sayembara, atau motode lainnya. Selain itu sosial media juga memiliki sarana promosi berbayar yang jika Anda menfaatkan maka artikel yang Anda bagikan akan diprioritaskan muncul lebih dahulu dan lebih sering dibanding artikel yang tidak berbayar, sehingga akan memperbesar kemungkinan orang membaca artikel tersebut. Hampir semua sosial media memungkinkan Anda untuk promosi berbayar baik itu Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya.

7. Manfaatkan website orang lain

Anda bisa memanfaatakn website orang lain untuk mendatangkan pengunjung dan mendapatkakan link, misalnya dengan melakukan blogwalking, berkomentar di website lain, bergaul di forum diskusi, menulis di website lain agar bisa dikenal orang dan agar bisa memasang link ke website Anda, selain itu bisa juga dengan menuliskan advertorial di website lain, advertorial mengharuskan Anda membayar agar Anda bisa menulis dan mempromosikan website Anda di website tersebut.

8. Claim website anda di situs Alexa

Selain memperbayak pengunjung, Anda juga perlu untuk mengklaim website Anda di alexa.com, tujuannya tentu agar Anda bisa memberikan keterangan tambahan pada Alexa, keterangan tambahan itu membantu Alexa untuk mengetahui siapa pemilik website yang sebenarnya, apa kategori website tersebut sehingga membantu mereka mempercayai website Anda dan menentukan peringkat.

Untuk klaim biasanya ada beberapa cara, bisa dengan mengupload file untuk verifikasi atau dengan menuliskan kode verifikasi di meta tag, lebih lengkap bisa Anda baca disini.

9. Gunakan Alexa Toolbar

Alat utama yang digunakan Alexa untuk melakukan penghitungan adalah Alexa Toolbar yang mereka buat, semakin banyak pengguna Alexa Toolbar maka semakin mudah mereka menghitung, jadi jika memungkinkan buatlah orang yang sering mengunjungi website Anda agar menginstall Alexa Toolbar,

Tujuan memasang Alexa Toolbar agar mereka bisa dengan mudah melihat ranking suatu website (website apapun) hanya dengan klik sebuah ikon yang ada di browser setelah Alexa toolbar terinstal.

Tujuan lainnya agar ketika mereka berkunjung ke website Anda, kunjungan mereka akan tercatat dengan baik di server Alexa. Jika Anda tidak bisa membuat orang lain memasang Alexa toolbar, maka cukup Anda saja yang memasang, jadi ketika Anda mengunjungi website Anda sendiri, maka kunjungan tersebut akan tercatat di Alexa.

10. Pasang Alexa Widget

Alexa juga memiliki fitur Alexa widget, Alexa widget ini akan menampilkan ranking alexa di halaman website Anda, dengan begitu artinya Anda perlu menambahkan script yang diberikan alexa di source code website Anda, script ini ada kemungkinan juga menghitung jumlah pengunjung. Ada baiknya juga dipasang di website Anda, untuk kode nya Anda bisa liat disini.

Namun sayangnya, Alexa widget ini belum support website yang menggunakan https seperti yang mereka jelaskan di halaman tersebut.

11. Alexa Pro

Alexa juga ada versi profesionalnya dengan nama Alexa Pro, dengan Alexa Pro maka Anda bisa membuat sertifikat resmi yang akan diberikan oleh Alexa untuk website Anda, dengan adanya sertifikat pro maka website Anda akan semakin kredibel dimana Alexa, selain itu dengan Alexa Pro Anda juga bisa melihat dengan lebih lengkap data-data yang berkaitan dengan website Anda, seperti website apa saja yang mengarah ke website Anda dan paparan data-data statistik lain yang bisa Anda gunakan untuk menganalisa website dan mengoptimalkan bisnis Anda.

Itulah sedikit cara meningkatkan ranking Alexa agar website Anda semakin memliki peringkat yang cukup tinggi, terpercaya dan bernilai.