Aksi Nyata! 30 Kader Dekranasda dan Dharma Wanita Sulsel Berlomba-lomba Membuat Masker
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) bekerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sulawesi Selatan (Sulsel) punya cara tersendiri dalam meningkatkan potensi kerajinan tangan bagi para kader Dekranasda dan Dharma Wanita.

MAKASSAR—Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) bekerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sulawesi Selatan (Sulsel) punya cara tersendiri dalam meningkatkan potensi kerajinan tangan bagi para kader Dekranasda dan Dharma Wanita.

Salah satunya dengan menyelenggarakan pembuatan kerajinan tangan, yang dipusatkan di Perpustakaan Ibu dan Anak, Jl Lanto Dg Pasewang, Mamajang, Kota Makassar.

Kepala UPT Perpustakaan, Abdul Hadi mengatakan kegiatan ini telah berlangsung sejak akhir Desember 2020 lalu.

“Kegiatan ini, sudah tiga Minggu berlangsung. Kita adakan di Perpustakaan Ibu dan Anak, karena melihat lokasinya sangat mendukung,” ujar Hadi, Jumat (15/1/2021).

Ia mengungkapkan, sekitar 30 peserta yang terdaftar dalam program pembuatan kerajinan tangan Dekranasda dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Sulsel.

“Pesertanya ini dari Dekranasda sendiri dan ada juga dari Dharma Wanita,” ujarnya.

Hadi melanjutkan, Karen masih suasana pandemi, para peserta pelatihan kerajinan tangan di wajibkan memakai masker, dan melakukan protokol kesehatan.

Program kerajinan tangan ini diketahui di buka langsung oleh Ketua Bidang SDM Dekranasda Sulsel, Sri.

Sri menyebutkan kegiatan ini di harapkan dapat mengembangkan kreativitas dan menambah wawasan bagi para peserta.

“Selagi dapat mengembangkan kreativitas dan menambah wawasan, hasil dari kerajinan tangan ini dapat memperindah isi rungan dan bermanfaat bagi diri sendiri,” katanya.

Ia membeberkan, kegiatan ini diadakan setiap minggunya di Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak.

Kegiatan Kerajinan tangan ini sudah berjalan dua minggu berturut-turut.

“Pada minggu pertama kerajinan tangan yang di buat adalah Hiasan Dinding yang terbuat dari kain wol, sedangkan di minggu kedua yaitu pembuatan konektor masker,” kata Sri.

“Hari ini 15 januari 2021 Dekranasda mengadakan kerajinan pembuatan konektor masker, pesertanya berasal dari anggota DW Kementrian Agama, Dekranasda Sulsel, beberapa Pustakawan dan Umum,” Sri menambahkan. (*)