Bagi 250 Paket Makanan Buka Puasa, GHF dan Birma Peduli Terapakan Psysical Distancing

0
39

MAKASSAR, Salah satu organisasi nirlaba yang berkedudukan di New York Amerika Serikat, Gobal Humanity Foundation (GHF) meski bulan Ramadhan 1441 H. hampir tiba di penghujungnya, Selasa (19/5), kembali menggandeng Komunitas Birma Peduli untuk membagikan makanan buka puasa, kepada 250 warga yang berdomisili di RT. 1, RW. 3 kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, kota Makassar.

Kegiatan yang sudah berlangsung untuk ketiga kalinya di kelurahan Biring Romang tersebut, menurut salah satu penggiat GHF, Hj. Fitriani Sari Rachman, meski dilaksanakan saat kota Makassar masih dalam status Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB), pihaknya semaksimal mungkin tetap menjalankan protokol kesehatan.

Untuk memaksimalkan terlaksananya psysical distancing, menurut Fitri saat pembagian yang dilaksanakan di lapangan Taman Hakim RT. 1/ RW. 3, lelurahan Biring Romang tersebut, setiap kepala keluarga (KK) hanya boleh diwakili 1 orang sedangkan titik pembagian dibagi menjadi 2 tempat yang saling berseberangan.

“Untuk menghindarkan kerumunan dan tetap terlaksananya psysical distancing, kita hanya izinkan setiap KK hanya diwakili satu orang, dengan cara menukarkan kupon yang telah kami bagikan sebelumnya dan titik pembagian kami bagi menjadi 2 titik yaitu di sisi utara dan selatan lapangan,” terang Fitri meyakinkan.

Sementara itu Ketua ORT. 01, ORW. 03, Fihir, selaku tuan rumah, mengaku agar proses pembagian berjalan tertib dan teratur saat pendistribusian kupon yang dilakukan sehari sebelumnya telah terlebih dahulu disampaikan kepada warganya untuk tidak bergerombol dan hadir ke lapangan secara bergantian.

“Kemarin saat mebagikan kupon kepada warga, telah saya sampaikan agar warga datang ke lapangan cukup perwakilan 1 orang 1 KK, dan secara bergantian serta menghindarkan bergerombol,” terang Fihir kepada awak media yang hadir di lokasi pembagian.

Pada kesempatan itu Fihir juga menyampaikan terima kasih kepada pihak GHF dan Birma Peduli yang telah memilih warganya sebagai tempat sasaran pembagian sedekah buka puasa, terlebih dalam situasi wabah covid-19, banyak warganya yang mengalami kesulitan ekonomi sebagai dampak dari wabah tersebut.

“Saya tentu sangat berterima kasih atas perhatian GHF dan Birma Peduli yang telah memilih warga saya sebagai penerima sedekah buka puasa hari ini, apalagi di tengah wabah covid-19 ini, hampir semua warga di RT saya ini terdampak secara ekonomi,” tegas Fihir seraya berharap di hari kemudian kegiatan semacam ini masih terus bisa dilangsungkan.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kelurahan Biring Romang, Ambang Ardi Yunisworo, selaku Pembina Birma Peduli berharap, kepercyaan yang diberikan GHF kepada Birma Peduli tersebut dapat berlanjut di masa-masa yang akan datang, baik untuk kegiatan serupa maupun kegiatan sosial lainnya.

“Kerja sama antara GHF dan Birma Peduli yang telah terjalin selama ini, saya berharap menjadi pintu awal bagi terjalinnya kerja sama lebih lanjut, baik untuk kegiatan sosial yang sama ataupu n kegiatan-kegiatan sosial lainnya,” tegas Ambang.

Lebih lanjut Ambang juga memaparkan, bahwa dalam satu bulan terakhir sejumlah bantuan telah disalurkan GHF dengan menggandeng Birma Peduli selaku pelaksana lapangan di Wilayah Kelurahan Biring Romang, diantaranya pembagian 80 paket sembako kepada komunitas pemulung serta pembagian sedekah buka puasa secara bertahap hingga mencapai 550 paket makanan buka puasa. (4ld)