Beranda » Biro Humas Pemprov Sulsel » Disbudpar Sulsel Dorong Peningkatan Pemahaman Museum Bagi Generasi Muda
Disbudpar Sulsel Dorong Peningkatan Pemahaman Museum Bagi Generasi Muda
Biro Humas Pemprov Sulsel

Disbudpar Sulsel Dorong Peningkatan Pemahaman Museum Bagi Generasi Muda

MAKASSAR – Museum merupakan sarana dalam pengembangan budaya dan peradaban manusia.dengan kata lain Museum tidak hanya bergerak disektor budaya melainkan dapat juga bergerak disektor ekonomi, politik,sosial dan lain-lain.disamping itu museum juga merupakan wahana yang memiliki perang strategis terhadap penguatan identitas masyarakat.

Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel terus mendorong peningkatan pemahaman museum khususnya bagi generasi muda.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel, Denny irawan Saardi, mengatakan sosialisasi pemahaman museum dilakukan untuk lebih menggairahkan kunjungan masyarakat ke museum khususnya museum karaeng pattingalloang serta meningkatkan apresiasi dan kepedulian masyarakar terhadap warisan budaya bangsa sehingga terwujud museum indonesia yang menarik dan informatif.

“museum memiliki perang strategis terhadap penguatan identitas bangsa sehingga ini harus terus disosialisasikan agar masyarakat semakin tertarik dalam mengunjungi museum,Ungkap Denny Irawan belum lama ini.

Diindonesia ada tiga pilar utama permuseuman yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa,memperkuat kepribadian bangsa,dan membangun ketahanan nasional dan wawasan nusantara.

“Ketiga pilar permuseuman ini merupakan landasan kegiatan operasional museum yang dibutuhkan di era globalisasi ini,dimana masyarakat mulai kehilangan orientasi akar budaya atau jati dirinya maka museum dapat memberi inspirasi tentang hal-hal penting dari masa lalu yang harus diketahui untuk menuju dimasa depan,pungkas Denny.

Denny lebih jauh mengaku,untuk menempatkan museum pada posisi yang sebenarnya dan strategis,maka diperlukan gerakan bersama untuk penguatan dan pemahaman.

“Gerakan bersama sangat diharapkan dalam mengembalikan museum pada posisi strategis,melalui penguatan pemahaman dan kepedulian akan identitas dan perkembangan budaya bangsa yang harus terbangun pada semua tataran komponen masyarakat indonesia,melalui gerakan yang diberi nama gerakan nasional cinta museum (GNCM) ,jelasnya. [*]