Komunitas Birma Peduli, LPM Biring Romang, kembali menyalurkan bantuan paket sembako kepada 100 Kepala Keluarga (KK) tersebar di wilayah kelurahan Biring Romang.

MAKASSAR – Komunitas Birma Peduli, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, kota Makassar, Selasa (12/5) kembali menyalurkan bantuan paket sembako, kepada 100 Kepala Keluarga (KK), yang tersebar di wilayah kelurahan Biring Romang.

Menurut Koordinator Distribusi, H. Ilyas Jamaluddin, S.Ag, kegiatan yang sudah dilakukan hingga tahap ketiga ini, secara keseluruhan telah dapat mengcover 300 KK diutamakan kepada warga yang belum pernah menerima bantuan dari pemerintah.

“Hari ini distribusi tahap ketiga sebanyak 100 paket, dengan demikian secara keseluruhan dari tahap satu. Birma Peduli telah membagikan 300 paket sembako kepada 300 KK, dan mereka kita utamakan adalah warga terdampak Covid-19 yang hingga saat ini belum pernah menerima bantuan dari pemerintah,” ungkap Ilyas.

Lebih lanjut Ilyas menjelaskan, bahwa untuk menentukan siapa saja yang dinilai layak menerima, terlebih dahulu anggota tim Birma Peduli melakukan survey lapangan secara langsung terhadap kelayakan para calon penerima, yang selanjutnya dibawa dalam musyawarah tim untuk memutuskan nama-nama penerima.

Sementara itu terkait isi dalam paket, Koordinator Pengadaan Tim Birma Peduli, Ela Yunisworo menjelaskan, bahwa setiap paket yang dibagikan kepada warga setiap tahap sama, yaitu berisikan 5 Kg beras, 20 bungkus Mie Instan, 1 Liter minyak Goreng, 1 Kg tepung terigu dan 8 butir telur ayam.

“Setiap tahap isi dalam paket selalu sama, ada 5 Kg beras, 20 bungkus mie instan, 1 liter minyak goreng, 1 Kg. terigu dan 8 butir telor ayam,” terang Ela seraya mengaku kadang pihaknya kesulitan untuk memenuhi bahan-bahan tersebut dalam situasi saat ini.

Ketua Pelaksana Aksi Birma Peduli Sedekah Covid-19, Muh. Ervinlah, S.Sos, MM menjelaskan, bahwa rencananya kegiatan ini akan berlangsung terus hingga keadaan kembali membaik, namun meski demikian Ervin tetap akan menyesuaikan dengan situasi yang ada.

“Sebelum lebaran ini kita upayakan dapat kembali melakukan distribusi untuk tahap keempat, dan kita akan berusaha untuk terus ke tahap selanjutnya hingga kondisi kembali normal, namun meski demikian kita tetap akan sesuaikan dengan keadaan dan kemampuan kita,” tegas Ervin.

Untuk itu Ervin mengaku Tim Birma Peduli akan terus membuka pintu kepada semua pihak yang ingin berpartisipasi dan bersedah, serta secara kontinew mengajak pihak-pihak yang ingin berderma serta ingin meringankan beban warga terdampak covid-19.

“Semua dana yang kita gunakan ini, kita peroleh dari donasi teman-teman dan kolega serta saudara-saudara kita anggota Tim. Olehnya itu, bagi yang berminat berpartisipasi, jangan segan-segan untuk menghubungi kami. Dan tentu saja kegiatan ini akan kami pertanggungjawabkan bukan hanya di dunia, tapi juga di akherat,” pungkas Ervin. (464Ys)