MAKASSAR, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kelurahan Biring Romang bekerja sama dengan pemerintah kelurahan Biring Romang menggelar malam ramah tamah peringatan HUT RI ke 74, yang bertajuk Pesta Rakyat 74 tahun Republik Indonesia BIRMA BERANI, di lahan calon kantor kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala kota Makassar, Jum’at (30/8) malam.

Ada yang menarik dalam hajatan Pesta Rakyat tersebut, jika pada umumnya malam ramah tamah di tingkat kelurahan yang ada di kota Makassar, panggung hiburan akan menampilkan pengisi acara dari kalangan anak-anak, remaja jika menampilkan orang dewasa umumnya didominasi dengan ibu-ibu.

Namun tidak demikian dengan Pesta Rakyat yang dihelat LPM Biring Romang ini, yang berani manampilkan vocal grup yang beranggotakan bapak-bapak yang rata-rata berusia di atas 40 tahun, yang lebih membanggakan mereka umumnya berlatar belakang sebagai ketua RT, Ketua RW dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut ketua LPM kelurahan Biring Romang, Ambang Ardi vocal grup yang beranggotakan 15 orang tersebut, untuk tampil dengan membawakan lagu Indonesia Jaya hanya sempat berlatih selama 3 hari, dan itupun tidak pernah dapat berlatih secara lengkap,

“Ketika dalam rapat persiapan terakhir jelang pelaksanaan kegiatan, saya coba lontarkan ide untuk mengajak mereka menyanyi di atas panggung, di luar dugaan saya itu direspon bagus oleh semua peserta rapat dan malam itu kita langsung latihan menyanyikan lagu Indonesia Jaya tersebut. Jadi praktis kami hanya latihan selama 3 hari dan tidak pernah lengkap,” terang Ambang.

Lebih lanjut Ambang menjelaskan kelima belas orang tersebut terdiri dari dia sendiri yang bertugas memukul Kajon, kemudian gitar, kepala seksi pemerintahan Andi Muh. Yahya sedangkan penyanyinya terdiri dari kepala seksi kebersihan, Sapri, 2 orang ketua ORW yaitu ketua ORW. 03, Herman dan ketua ORW. 05. Moh. Ervin Laha.

Selain itu juga 6 orang ketua ORT yaitu, Ketua ORT. 01/ ORW. 02, Baharuddin, Ketua ORT. 02/ ORW. 01, Syamsir, Ketua ORT. 09/ ORW. 02, Ir. H. Ariefuddin, Ketua ORT. 02/ RW. 03, Yusran Latif, Ketua ORT. 06/ ORW. 03, Muh. Saleh, ketua ORT. 08/ ORW. 06, H. Haris, dan 2 orang anggota Punggawa yaitu Anshar dan Kamaruddin serta 2 orang tokoh masyarakat dari ORT. 06/ ORW. 03, Ismail dan Hasan.

“Kami sadar apa yang kami tampilkan dalam vocal grup tersebut, jauh dari sempurna, namun yang terpenting bagi kami adalah tumbuhnya rasa kebersamaan dan kecintaan kami terhadap kelurahan Biring Romang serta Negara Kesatuan Repunlik Indonesia,” ungkap Ambang lebih lanjut.

Menanggapi penampilan tersebut, Plt. Lurah Biring Romang, Sofiawati, SE yang baru menjabat sekitar 1 bulan di kelurahan Biring Romang, mengaku kaget, haru dan salut terhadap apa yang ditampilkan tokoh masyarakat Biring Romang tersebut.

“Saya baru tahu ada penampilan vocal grup dari para tokoh masyarakat itu baru tadi saat general repetisi, tentu saja saya kaget dan haru serta salut terhadap apa yang beliau tampilkan, saya sangat mengapresiasi dengan hal itu, dari situ saya juga melihat adanya kekompakan, kebersamaan serta kekeluargaan yang tinggi di kelurahan Biring Romang ini,” ungkap Sofiawati yang juga merupakan kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Manggala itu.

Terlebih lanjut menururt Sofi, panggilan akrab Sofiawati, adanya puisi yang berjudul BIRMA BERANI yang disisipkan di tengah lagu, membuat kita selaku penonton jadi memahami bagaimana semangat tagline kelurahan Biring Romang yakni Birma Berani yang merupakan akronim dari Biring Romang, yang Bersih, Ramah, Aman dan Indah yang terus digaungkan di kelurahan yang baru berdiri 3 tahun tersebut. (4ld)