Gempa Kuat Berkekuatan 7,7 SR Mengguncang Jamaika dan Kuba

0
184
Gempa Kuat Berkekuatan 7,7 SR Mengguncang Jamaika dan Kuba
Para pekerja keluar dari gedung Lonja de Comercio setelah gempa mengguncang Havana, Kuba, 28 Januari 2020. (Foto: AFP)

DUNIA – Gempa berkekuatan 7,7 mengguncang Laut Karibia, diantara Jamaika dan bagian timur Kuba, Selasa (28/1/2020) sore.

Dampak gempa itu terasa dari Meksiko hingga ke Florida dan beberapa wilayah lain. Belum ada laporan tentang korban jiwa atau kerusakan yang ditimbulkan.

Menurut Pusat Survei Geologi Amerika, pusat gempa terletak 139 kilometer barat laut Montego Bay, Jamaika dan 140 kilometer barat-barat daya Niquero, Kuba. Pusat gempa yang terjadi pukul 2.10 malam waktu setempat itu relatif dangkal, yaitu 10 kilometer dari permukaan laut.

Kepala Pusat Seismologi Nasional Kuba, Dr. Enrique Arango Arias, mengatakan kepada media pemerintah bahwa belum ada laporan tentang korban luka-luka atau korban jiwa, dan kerusakan serius yang ditimbulkan.

Sementara Belkis Guerrero yang bekerja di Pusat Kebudayaan Katolik Roma di pusat kota Santiago, gempa itu terasa kuat di Santiago, kota terbesar di bagian timur Kuba.

Gempa juga terasa hingga ke pangkalan Angkatan Laut Amerika di Teluk Guantanamo, Kuba, di bagian tenggara pulau itu.

Belum ada laporan tentang korban luka-luka atau kerusakan yang ditimbulkan, ujar J. Overton, juru bicara fasilitas dengan total penghuni mencapai 6.000 orang itu.

Sebagian warga yang ada di gedung-gedung di bagian selatan Florida juga dievakuasi sebagai langkah berjaga-jaga. Juga belum ada laporan tentang korban luka-luka dan penutupan jalan akibat gempa. [voa]