MAKASSAR,Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah meresmian Rumah Sakit Regional dr. Hasri Ainun Habibie di Kota Parepare, Sabtu, 17 Maret 2020.

Langkah ini merupakan bagian Visi Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Suslel untuk menghadirkan enam rumah sakit regional di luar kota Makassar.

Gubernur sulsel Nurdin Abdullah menyerukan, agar seleruh elemen mendukung Pemkot Parepare dalam percepatan pembangunan dan pelayanan pada masyarakat.

“Saya optimis, visi untuk menjadikan Kota Parepare lebih maju begitu kuat,”sekaligus meminta dukungan untuk bersama-sama mewujudkan pembangunan sulsel yang semakin baik kedepannya,”Tegasnya.

Peresmian tersebut juga dihadiri beberapa direktur rumah sakit Pemprov Sulsel dan juga dua direktur rumah sakit swasta. Mereka menyampaikan berbagai harapannya, mulai dari sebagai perpanjangan tangan layanan kesehatan pemerintah di wilayah Parepare dan sekitarnya hingga berperan sebagai rumah sakit rujukan.

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji Makassar, Haris Nawawi misalnya dapat memperpendek waktu dan jarak pelayanan tanpa harus ke ibu kota provinsi di Makassar.

“Saya pikir ini adalah perpanjangan tangan layanan kesehatan untuk di wilayah timur dan Sulsel. Dan itu sangat bagus menjemput pasien, yang kondisinya harus rujuk, ada Ainun yang menampung, jadi orang bilang memperpanjang umur orang itu, jauh lebih bagus dari pada dia meninggal di jalan,” katanya.

Harapan lainnya, rumah sakit ini dapat berkembang dan fasilitasnya semakin dilengkapi.

Direktur RS Khusus Daerah (RSKD) Ibu dan Anak Pertiwi, Andi Diamarni Ghandis bisa secepatnya berfungsi secara keseluruhan.

“Pelayanan kesehatan yang ada didekatkan di masyarakat, bisa berobat cepat, mendukung pelayanan kesehatan secara bersama RS Makkasau. Rumah sakit ini bisa seperti Rumah Sakit Wahidin, karena lengkap semua alatnya,” sebutnya.

Direktur Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi, Arman Bausat menyatakan bahwa rumah sakit dengan kualitas pelayanan internasional ini ke depan padat menjadi percontohan rumah sakit lainnya.

“Ini rumah sakitnya kualitas internasional. Sarana prasarana yang ada itu sangat mumpuni dan sangat bagus. Kalau bisa jadi percontohan rumah sakit regional berikutnya,” ujarnya.

Arman juga menyampaikan, rumah sakit ini semakin menambah jumlah kapasitas pelayanan di Parepare dan pilihan tempat pelayanan kesehatan bagi masyakat.

Sebagai informasi RS dr. Hasri Ainun Habibie di Kota Parepare,menyerap anggaran yang merupakan Bantuan Keuangan Daerah Bawahan sebanyak Rp 75 miliar Tahun Anggaran 2019. Selain RS Parepare dan Bantaeng, RS lainnya masih dalam proses yaitu RS regional Palopo, RS regional Bone, RS regional Selayar dan RS regional Toraja. [*]