Beranda » Makassar » Kelurahan Biring Romang Buka Posko Kesehatan Korban Bencana Asap
Kelurahan Biring Romang Buka Posko Kesehatan Korban Bencana Asap
Makassar

Kelurahan Biring Romang Buka Posko Kesehatan Korban Bencana Asap

MAKASSAR, Dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjangkitnya penyakit akibat asap kebakaran TPA Tamangapa yang menyerang wilayah kelurahan Biring Romang, Kelurahan Biring Romang bekerja sama dengan Lazis Wahdah mulai Selasa, 17 September 2019 membuka Posko Kesehatan Bencana Asap, di Jl. Mesjid Baiturrahman 27, RT. 04/ RW. 01, kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, kota Makassar.

Pembukaan Posko kesehatan di garasi rumah milik Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kelurahan Biring Romang, menurut Plt. Lurah Biring Romang, Sofiawati, SE, bertujuan untuk mempermudah warganya yang ingin memeriksakan kesehatannya, sehingga jika terjadi kemungkinan penyakit akibat asap dapat diantisipasi secepat mungkin.

“Tujuan dibukanya posko kesehatan ini, untuk mendekatkan pelayanan kesehatan dan mempermudah kepada warga untuk memeriksakan kesehatannya secara gratis, sehingga jika ada penyakit yang dideritanya akibat bencana asap dapat sedini mungkin diantisipasi,” tegas Sofiawati, saat ditemui posko kesehatan, Selasa (17/9).

Sofi juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih, atas kesediaan Lazis Wahdah bekerja sama dengan LPM Biring Romang untuk membuka posko kesehatan di tempat tersebut, karena dengan demikian, warga Biring Romang tidak perlu jauh-jauh dalam memeriksakan kesehatannya di tengah bencana asap yang sedang melanda kecamatan Manggala dan sekitarnya itu.

Sementara itu menurut Ketua LPM kelurahan Biring Romang, Ambang Ardi Yunisworo, pada hari pertama pelaksanaan Posko kesehatan yang dimulai jam 12.30 hingga 14,30 tersebut, terdapat 31 warga yang memeriksakan kesehatannya, dan pada umumnya mereka merasakan sesak nafas atau rasa nyeri saat menelan.

“Hari ini tim kesehatan dari Lazis Wahdah menangani sekitar 31 orang pasien dengan berbagai penyakit, namun pada umunya mereka merasakan sesak nafas dan atau ada rasa nyeri di leher ketika menelan,” ungkap Ambang.

Rencananya menurut Ambang, Posko layanan kesehatan bagi masyarakat tersebut masih akan terus beroperasi hingga beberapa hari ke depan, disesuaikan dengan derajat kesehatan yang dialami oleh masyarakat terdampak asap.

Selain pelaksanaan pemeriksaan kesehatan, di posko yang juga merupakan sekretariat Birma Peduli tersebut, juga dilakukan bagi-bagi masker yang dihimpun dari sejumlah dermawan seperti LPM Makassar Peduli, Visicom, Lazis Wahdah, Inpelindo dan lain-lain, kepada warga Biring Romang melalui ketua-ketua ORT dan ORW masing-masing. (4ld)