Beranda » Makassar » Kelurahan Biring Romang Deklarasi ODF
Kelurahan Biring Romang Deklarasi ODF
Makassar

Kelurahan Biring Romang Deklarasi ODF

MAKASSAR, Kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, kota Makassar, dengan didampingi oleh Puskesmas Bangkala dan Dinas kesehatan Kota Makassar, menggelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari buang air besar sembarangan, di alua kantor kelurahan Biring Romang, Senin (16/9).

Plt. Lurah Biring Romang, Sofiawati, SE, mengatakan, bahwa buang air besar sembarangan sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini, sehingga tidak ada lagi warga yang buang air besar sembarangan.

“Dampak yang akan ditimbulkan dengan buang air besar sembarangan sangat besar terhadap kesehatan, khusunya kesehatan lingkungan. Namun Syukur Alhamdulillah, saat ini pemerintah kota Makassar melalui Dinas kesehatan, sudah mendeklarasikan, Biring Romang sebagai kelurahan ODF, atau terbebas dari buang air besar sembarangan,” tutur Sofi.

Dengan dideklarasikannya, kelurahan Biring Romang sebagai kelurahan ODF, menurut Sofi, menjadi tanggung jawab baru bagi seluruh ketua RT/ RW beserta tokoh masyarakat untuk terus menerus mengawal serta mengawasi warganya agar tidak lagi buang air besar sembarangan.

“Penetapan kelurahan Biring Romang sebagai kelurahan ODF wajib untuk kita syukuri, namun perlu diingat ini menjadi tanggung jawab baru bagi kita semua, olehnya itu pada kesempatan ini saya menghimbau para ketua RT dan ketua RW, beserta tokoh masyarakat lainnya untuk terus mengawal dan mengawasi jangan sampai ada warganya yang masih buang air besar sembarangan,” lanjut Sofi.

Sementara itu kepala Puskesmas Bangkala Dr. Mardi, menyampaikan terima kasih kepada seluruh komponen yang ada mulai lurah, ketua LPM, kader Posyandu, ketua-ketua RT dan RW, serta tokoh masyarakat lainnya, yang telah bekerja keras, sehingga terwujudnya kelurahan Biring Romang sebagai kelurahan ODF. (464Ys)