KONI Sulsel Tekankan Pembinaan Prestasi Olahraga
Wakil Ketua I KONI Sulsel, Drs. H. Ambas Syam, MS, saat menyampaikan sambutannya di depan perwakilan cabang olahraga (Cabor) dan pengurus KONI kabupaten Bulukumba pada musyawrah olah raga (musrokab) tahun 2020 di Aula Pertemuan Bappeda Bumi Panrita Lopi, Minggu (18/10/2020).

BULUKUMBA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sulawesi Selatan menekankan pentingnya pembinaan olahraga berprestasi dalam memacu peningkatan pembinaan olahraga menuju puncak prestasi olahraga itu sendiri dalam empat tahun ke depan.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua I KONI Sulsel, Drs. H. Ambas Syam, MS, saat menyampaikan sambutannya di depan perwakilan cabang olahraga (Cabor) dan pengurus KONI kabupaten Bulukumba pada musyawrah olah raga (musrokab) tahun 2020 di Aula Pertemuan Bappeda Bumi Panrita Lopi, Minggu (18/10/2020).

Lebih lanjut menurut Ambas, peningkatan prestasi ini bukan hanya sekali dikampanyekan ke seluruh insan olahraga dan stakeholder di sulsel agar memberi ruang dan dukungan dalam pembinaan atlet olahraga yang tidak mudah diraih.

“Butuh kerjasama dan sinergi yang tinggi, karena tak mudah membentuk atlet yang memiliki kemampuan bersaing tinggi dalam meraih prestasi, karena terdapat beberapa komponen yang harus diingat dalam pembinaan olah raga agar sesuai target yang diinginkan,” ucap Ambas.

Ambas mengurai, pembinaan prestasi olahraga terhadap atlet dimulai sejak usia dini. Melakukan kerja sama dan konsolidasi dengan insan olahraga dan seluruh elemen yang bisa mendukung terciptanya organisasi olahraga yang solid, pembagian kerja yang efektif dan efisien serta penilaian kinerja sebagai bahan evaluasi dalam mengambil langkah yang tepat.

Dalam musyawarah olahraga ini, ditetapkan DR. Ir. Andi Makkasau, MM, sebagai Ketua KONI Kabupaten Bulukumba periode 2020-2024, yang ditetapkan secara aklamasi oleh perwakilan cabor se Kabupaten Bulukumba.

Ketua KONI terpilih ini berkomitmen akan membawa prestasi olahraga daerah Bulukumba kepapan tengah saat Pekan Olaha Raga Propinsi (Porprov) ke 17 yang akan digelar tahun 2022 mendatang.

“Kabupaten Bulukumba sebagai salah satu penyelenggara proprov bersama Kabupaten Sinjai nanti, tak ingin berulang pencapaian prestasi pada pekan olahraga daerah sebelumnya,” tegas Andi Makkasau.

Pada porda ke 16 tahun 2018 di Kabupaten Pinrang lalu, Kabupaten Bulukumba menempati posisi 16. Andi Makkasau berharap ada sinergi total antara pengurus KONI, insan olahraga, cabor, masyarakat dan pemerintah dalam membina dan mengembangkan olahraga daerah agar tercapai tujuan Bulukumba sebagai daerah dengan prestasi olahraga terbaik di masa datang. (*/464Ys)