LPM Biring Romang, Manggala, melaksanakan pelatihan membuat syrop Rosela yang bertempat di kediaman ketua LPM, Ambang Ardi Yunisworo, Sabtu (17/10/2020).

MAKASSAR – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, melaksanakan pelatihan membuat syrop Rosela di kediaman ketua LPM, Ambang Ardi Yunisworo, Sabtu (17/10/2020).

Menurut Ambang, pelatihan yang dibiayai secara swadaya tersebut, diikuti ibu-ibu anggota Pesatuan Majelis Taklim (Permata) Biring Romang serta dibimbing oleh instruktur yang cukup berpengalaman asal Kediri Jawa Timur.

Lebih lanjut Ambang menjelaskan, tujuan dilaksanakannya pelatihan tersebut adalah untuk memberikan ketrampilan kepada ibu-ibu rumah tangga khususnya anggota Majelis Taklim, yang selanjutnya diharapkan dapat mendorong terbentuknya UKM baru di kelurahan Biring Romang.

“Idenya sederhana, kita ingin tumbuh industri Rumah Tangga atau UKM di masa sulit ekonomi ini. Jadi melalui pelatihan ketrampilan membuat Syrop Rosela ini, peserta akan kita dorong untuk mau memproduksi sehingga hasil penjualannya dapat menopang kebutuhan rumah tangga masing-masing,” jelas Ambang.

Guna menyuplai kebutuhan bahan baku yaitu bunga Rosela, Ambang mengaku, bahwa saat ini LPM Biring Romang melalui kelompok Birma Edupark sedang melakukan tahap penyelesaian pengolahan lahan untuk budidaya tumbuhan rosela tersebut.

“Saat ini kami sedang tahap persiapan lahan untuk budidaya Rosela itu, jadi nanti bahan baku roselanya akan menjadi tanggung jawab Birma Edupark, kemudian produksinya oleh UKM ibu-ibu rumah tangga, sedang penjualannya akan ditangani oleh Kelompok Birma Kreatif,” rinci Ambang.

Sementara itu, menurut instruktur pelatihan, Ibnu Tanjung, dipilihnya rosela sebagai bahan pelatihan, karena Rosela yang pada dasarnya memiliki kadar vitamin C dan anti oksidan yang sangat tinggi, hingga saat ini masih banyak yang menganggapnya sebagai tanaman liar atau mungkin bunga hias belaka, dan tidak dimanfaatkan dengan baik.

“Saya mendapati di berbagai daerah Rosela ini hanya dianggap sebagai tanaman liar atau tanaman hias belaka, padahal tanaman ini memiliki kandungan vitamin C dan zat anti oksidan yang sangat tinggi, yang mampu membantu kita dalam mengobati sejumlah penyakit,” terang Ibnu.

Selain pelatihan membuat syrop Rosela, pada pelatihan yang hanya berlangsung sekitar 90 menit itu, peserta juga diajarkan cara membuat teh Rosela dan selai Rosela yang berbahan limbah syrop Rosela serta masker daun kelor. (4ld)

LPM Biring Romang Gelar Pelatihan Buat Syrop Rosela
LPM Biring Romang, Manggala, melaksanakan pelatihan membuat syrop Rosela yang bertempat di kediaman ketua LPM, Ambang Ardi Yunisworo, Sabtu (17/10/2020).