Lurah Pattunuang Pastikan Ruko BG Berdiri di Atas Tanah Fasum Jalanan
Bangunan Ruko Bandung Gorden, di Jl. KH. Ramli yang diduga berdiri di atas Fasum jalanan.

MAKASSAR—Lurah Pattunuang, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Ilham Idris kembali menegaskan, bahwa Ruko Bandung Gorden (BG) berdiri di atas lahan Fasum Jalanan. Bahkan menurut Ramli hal itu juga dia sampaikan saat dimintai keterangan Polres Pelabuhan beberapa waktu lalu.

“Saat awal puasa Ramadhan 1442 H ini, saya selaku Lurah Pattunuang dimintai keterangan oleh penyidik kepolisian Polres Pelabuhan perihal ruko Bandung Gorden di jalan KH Ramli, dan saat itu secara tegas saya katakan, bahwa lokasi di situ adalah jalanan, tempat saya dulu waktu sekolah biasa naik bis yang dikata kandang puyuh,” tutur Ilham Idris kepada awak Media Sulsel, Senin (3/5/2021).

Terlebih lanjut Ilham, semenjak dirinya menjabat lurah Pattunuang-pun, secara kasar mata, ka tor kelurahan Pattunuang tersebut tembus ke jalan KH. Ramli yang sekarang dibangun ruko Bandung Gorden tersebut.

“Di sini pihak Tata Ruang kota Makassar harusnya segera ambil tindakan adanya bangunan tanpa izin IMB dan berada di atas jalan. Tidak perlu ada tunggu lurah atau camat, jangan sampai pihak tata ruang kurang tegas terhadap Ruko Bandung Goden yang sudah jelas berada di atas Fasum Jalan KH. Ramli,” tegas Iham Idris.

Hal senada di ungkap oleh kadis pertanahan kota Makassar, Manai Shopian, yang mengaku pernah didatangi pihak Polres Pelabuhan untuk dimintai keterangan terkait Ruko Bandung Gorden.

“Betul itu ada pelaporan di Polres Pelabuhan. Saya pernah didatangi petugas penyidik Polres Pelabuhan dan meminta data perihal Bandung Gorden tersebut. Saat itu tetap saya tegaskan bahwa lokasi tersebut fasum jalan KH.Ramli dan saya tidak pernah mengeluarkan surat rekomendasi apapun mengenai ruko Bandung Gorden,” tegas Manai Shopian melalui WhatsApps.

Sementara itu, Polresta Pelabuhan Makassar yang dikonfirmasi melalui anggota Humasnya, Adil, mengaku belum mengetahui dan akan mencari tahu siapa penyidiknya dan akan segera memberikan keterangan secara jelas. (70n)