MAKASSAR, Masjid Darussalam Muhamadiyah Borong Jambu, yang terletak di Jalan AMD Borong Jambu, kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, kota Makassar, Jum’at (27/11) siang meresmikan (launching) Perpustakaan Digital yang diklaim sebagai terbesar di wilayah Indonesia Timur.

Perpustakaan yang peresmiannya dilakukan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman tersebut, menurut ketua Pengurus Masjid Darussalam, Masriadi Patu dibiayai secara swadaya oleh jemaah masjid dengan menelan biaya mencapai Rp. 97 juta.

Lebih lanjut menurut Masriadi, tujuan didirikannya perpustakaan di dalam komplek masjid yang berada di wilayah ORT. 04/ ORW. 03 kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala itu adalah sebagai upaya mewujudkan masjid sebagai sentra pembangunan peradaban masyarakat, sekaligus mendukung program literasi yang telah dicanangkan pemerintah.

“Kami ingin jadikan masjid benar-benar sebagai sentra pembangunan peradaban masyarakat, serta siap mendukung dan berkolaborasi dengan pemerintah khususnya dalam mensukseskan program litersi sebagaimana telah dicanangkan pemerintah,” terang Masriadi dalam sambutannya.

Selain itu masih menurut Masriadi, ke depan masjid Darussalam Muhammadiyah Borong Jambu tersebut akan dijadikan destinasi wisata religius di kota Makassar, olehnya di masjid yang berdekatan dengan TPA Tamangapa tersebut juga disiapkan kamar bagi musafir, makan minum secara gratis bagi jemaah.

Sementara itu Sekretaris Dinas Perpustakaan kota Makassar, yang hadir mewakili Pj. Walikota dalam sambutannya menilai apa yang dilakukan oleh pengurus masjid Darussalam Muhammadiyah Borong Jambu merupakan inovasi yang luar biasa, dan dapat dijadikan percontohan bagi tempat-tempat lain dalam mengembangkan literasi.

“Atas nama pemerintah kota Makassar, kami sangat mengapresiasi kehadiran perpustakaan ini, karena ini merupakan inovasi yang luar biasa dan dapat dijadikan percontohan bagi tempat lain dalam pengembangan literasi secara digital,” terang sekdis Perpustakaan kota Makassar.

Sekretaris Pengurus Masjid Darussalam Muhammadiyah Borong Jambu, Ilyas Jamaluddin, menjelaskan, bahwa perpustakaan digital yang hadir murni swadaya jemaah tersebut memiliki koleksi buku tentang Islam sebanyak 70.000 dan buku umum sebanyak 17.000 judul, serta ribuan video dan MP3 dan setiap item mampu diakses secara bersamaan oleh 5000 pembaca sekaligus.

Selain itu lanjut Ilyas yang juga merupakan Imam Kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala tersebut, pembaca tidak memerlukan lagi kuota dalam mengakses koleksi perpustakaan ini, cukup dengan scan barcode yang telah disediakan, karena menggunakan di masjid tersebut menggunakan system intranet.

“Untuk mengakses koleksi kami, pembaca tidak membutuhkan kuota, bahkan setiap pembaca wajib mematikan datanya sebelum mengakses lalu mengaktifkan wifi-nya, selanjutnya masuk ke link yang telah kami siapkan, baik melalui system browsing ataupun scan barcode,” terang Ilyas.

Selain launching Perpustakaan pada kesempatan tersebut juga dilakukan pameran produk UMKM yang merupakan kerja sama antara Pengurus Masjid dengan Persatuan Majelis Taklim (Permata) Biring Romang dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Biring Romang, sebagai langkah awal dalam mewujudkan pemberdayaan ekonomi umat. (464Ys)