Menteri PMK Usul Agar Orang Kaya Wajib Nikahi Orang Miskin

0
26

VIDEO – Ada banyak solusi menurunkan angka kemiskinan di muka bumi ini, tapi solusi dari Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), ini benar-benar kreatif dan tiada duanya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pada mulanya memaparkan data angka rumah tangga miskin di Indonesia yang mencapai angka 5 juta keluarga. Angka yang cukup besar.

Muhajir menuturkan bahwa angka Rumah tangga Indonesia 57.116.000, yang miskin 9,4 persen sekitar 5 juta keluarga. Kalau ditambah hampir miskin itu 16,8 persen itu sekitar hampir 15 juta kk.

Untuk menanggulangi hal itu, dengan solusi jitu, Muhadjir Effendy mengusulkan solusi menurunkan angka kemiskinan dengan cara menerbitkan fatwa pernikahan antar-tingkat kemampuan ekonomi. Tentu saja melalui kementerian terkait, yakni Kementerian Agama yang dipimpin Fachrul Razi.

Dari kacamata Muhadjir Effendy salah satu masalah angka kemiskinan di Indonesia sulit diturunkan adalah karena orang miskin berjodoh dengan orang miskin, ada benarnya juga. Pandangan ini jelas tak keliru. Lah, iya dong. Orang miskin nikah sama orang miskin, keluarganya jadi miskin dong? Lalu anaknya miskin, punya menantu miskin, .

Begitu aja terus sampai negara api datang menyerang. Oleh karena itu, menurut Muhadjir, ada baiknya Menteri Agama, Fachrul Razi, perlu menimbang untuk menerbitkan fatwa orang miskin wajib nikahi orang kaya atau sebaliknya.

Dan ini terlihat jadi tawaran solusi yang serius. “Yang miskin wajib cari yang kaya, yang kaya cari yang miskin,” kata Muhadjir Effendy. Selain soal fatwa yang unik bin ajaib itu, Muhadjir Effendy juga mengusulkan agar terbit sertifikasi pranikah.

Nah, dengan sertifikat ini, kemunculan keluarga miskin di Indonesia bisa ditekan karena yang nikah benar-benar tersertifikasi mau berjuang secara ekonomi untuk menopang keluarganya. Tak ayal hal ini mendapat respon dari netizen tanah air, ada yang setuju ada juga yang menganggapnya hal ini hanya ada didalam sinetron.

Nah, Barangkali Pak Muhadjir Effendy dan jajaran pemerintahan tingkat kabupaten hingga nasional bisa memberi contoh lebih dulu sebelum fatwa ini beneran muncul nanti. Yah, bisa dimulai dengan Pak Muhadjir atau jajaran menteri lainnya cari calon menantu dari keluarga miskin misalnya. Pernikahan antara si miskin dan si kaya mungkin saja ada yang terjadi namun angkanya sangat sedikit dan kebanyakan terjadi didalam sinetron, apakah bisa diwujudkan didunia nyata. [*]