Naka Nusantara-PLUT Sulsel Gelar ToF UMKM

0
10
Naka Nusantara bekerjasama PLUT Sulsel menggelar Training of Fasilitator (ToF) UMKM, bertempat di PLUT.O Creative Space CCC, Jl. Metro Tanjung Bunga.

MAKASSAR – Dalam Gerakan Kewirausahaan dan Pemberdayaan UMKM peran fasilitator sangat penting. Fasilitator dapat berfungsi sebagai pelatih, pendamping, konsultan, maupun mentor.

Karena itu, Naka Nusantara sebagai wadah pengembangan bisnis pemuda bekerjasama PLUT Sulsel menggelar Training of Fasilitator (ToF) UMKM, Senin-Selasa,17-18 Februari 2020, bertempat di PLUT.O Creative Space CCC, Jl. Metro Tanjung Bunga.

Kegiatan ini difasilitasi konsultan PLUT Sulsel, Bahrul ulum Ilham dan Salman Sahmad. Keduanya berbagi materi seputar karakteristik UMKM dan model pendampingannya, Tools pemetaan usaha, mendesain pelatihan, seni fasilitasi, pendampingan profesional dan microteaching

Ketua Panitia, Iman Kurniawan menyebut, acara ini penting dalam upaya penyiapan SDM fasilitator pemberdayaan UMKM yang seharusnya memiliki kualitas, kapasitas dan kompetensi tertentu yang berhubungan dengan aspek pemberdayaan dan pengembangan bisnis UMKM.

Fitriana Sari, dari Naka Nusantara menjelaskan, bahwa Naka kedepannya menjadi creative hub yang berdiri atas semangat berkolaborasi untuk turut hadir dalam lokomotif ekonomi kreatif dan peningkatan SDM wirausaha muda maupun pelaku UMKM

Konsultan PLUT Sulsel, Bahrul ulum mengapresiasi digelarnya ToF karena Fasilitator adalah ujung tombak, baik dalam upaya penumbuhan wirausahawan baru maupun pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“ToF merupakan media strategis mengoptimalkan potensi dan peran fasilitator dalam mendukung UMKM Naik Kelas,” tambahnya. (*)