Optimis Masuk 5 Besar PON 2024, Ini Strategi dan Terobosan Kadispora Sulsel

Optimis Masuk 5 Besar PON 2024, Ini Strategi dan Terobosan Kadispora Sulsel
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, H. Herman.

MAKASSAR—Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, H. Herman, menarget Kontingen Sulawesi Selatan (Sulsel) masuk peringkat 5 besar di PON pada tahun 2024 mendatang.

“Kolaborasi dengan KONI dengan target 5 besar pada PON 2024 di medan nanti,” kata Kadispora Sulsel H.Herman, saat ditemui di Gor Sudiang, Rabu (18/01/2023).

Lebih lanjut, Kadispora Sulsel, mengaku saat ini ia tengah melakukan kordinasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel untuk berkomitmen melakukan pembinaan atlet untuk hadapi Pra PON XXI Aceh dan PON Sumatera Utara pada 2024 mendatang.

Adapun bentuk komitmen yang dibangun adalah dengan membentuk tim bersama KONI Sulsel yang bertugas memantau persiapan Atlet di Sulsel dalam menghadapi Pra PON 2023 di Ace.

“Persiapan Pra PON, Kami di dispora terjun langsung bersama dengan KONI sulsel dalam pengembangan atlet di sulsel, ada tim yang kita akan buat bersama KONI untuk melihat sejauh mana persiapan atlet di sulsel dalam menghadapi Pra pon,” jelasnya.

Dengan terbentuknya tim yang bertugas memantau persiapan, memberi fasilitas dan memberi pembinaan bagi atlet Kontingen di Sulsel, Herman berharap setiap cabor dapat meloloskan Atlet sebanyak-banyaknya untuk mengikuti PON 2024.

Berita Lainnya

“tentunya, dispora beserta jajarannya mengharapkan kolaborasi dengan KONI dan seluruh cabang pemprov pemkot bisa kerjasama dengan baik, difasilitasi oleh bapak gubernur,” jelasnya.

Saat ini seluruh cabor yang pernah meraih medali emas pada PON yang digelar di Papua lalu masih menjadi prioritas dalam mendapatkan medali emas.

Lihat Juga:  Gubernur Sulsel Jemput Panglima TNI dan Kapolri di Galaktika

Khusus cabor lain, H. Herman berharap mereka juga dapat memberikan medali emas pada PON mendatang. Dia mengaku akan melakukan pembinaan dan membantu menyediakan fasilitas latihan bagi atlet.

“Saya berharap semua cabor dapat meraih emas, untuk itu kami berikan pembinaan kita lakukan hal yang sama dengan cabor cabor lain agar mereka bisa berpacu untuk mendapatkan medali di PON mendatang,” tukasnya.

Diketahui, Jumlah atlet peraih bonus PON masing-masing, peraih medali emas 26 orang, medali perak 32 orang, dan perunggu 36 orang. Bonus juga diberikan kepada pelatih 30 orang dari 19 Cabor yang berhasil menyumbangkan medali, serta mekanik 7 orang.

Sedangkan peraih bonus atlet Peparnas masing-masing, peraih medali emas 3 orang, medali perak 6 orang dan medali perunggu 8 orang, serta beberapa pelatih.

“Jelas kita inginkan seluruh cabor bisa meraih medali emas,” harapnya.

Sementara, PON ke-21 yang akan berlangsung 5-19 September 2024. Sumut dan Aceh akan menjadi tuan rumah PON 2024. (*)

Berita terkait