MAKASSAR – Gugus Tugas Percepatan penanganan covid-19 melalui Kepala Dinas Kesehatan sulsel,Ichsan Mustari mengaku orang tanpa gejala (OTG) terpapar virus corona menjadi salah satu perhatian saat ini.

“Selain PDP Dan ODP,OTG menjadi perhatian tim gugus.dan dalam kajian ada seperti itu sehingga dilakukan pemeriksaan mulai dari pernah kontak dengan pasien positif maupun lainnya,Ungkap Ichsan Mustari saat teleconference bersama media,Minggu Malam (5-4-20).

Dia menyebutkan berdasarkan analisasi yang dilakukan Virus Corona tidak bergerak melainkan karena mobilitas manusia yang masih cukup tinggi sehingga penularannya masih besar.

“Supaya tidak bertambah orang yang terpapar virus corona maka masyarakat harus mengikuti himbauan pemerintah dengan menjaga jarak dengan orang dan sosial, tidak keluar rumah apa bila tidak terlalu medesak dan rekomendasi dari WHO untuk menggunakan masker,minimal masker kain agar percikan air liur tidak keluar dan mengenai orang lain,Sebutnya.

Ichsan lebih jauh menjelaskan tindakan isolasi mandiri oleh mereka yang OTG maupun ODP bisa dilakukan dengan baik dan segera ke fasilitas kesehatan apa bila ada gejala ganguan kesehatan.

“Pembatasan sosial skala besar masih dikaji oleh tim gugus karena itu bisa dilakukan pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota,apa bila penyebaran virus corona meningkat dengan cepat,hingga kewilayah lainnya serta pemerintah harus menyiapkan sandang dan pangan masyatakat,Jelasnya.

Kadis Kesehatan Menambahkan,saat ini telah membuat cluster daerah yang mengalami peningkatan yang terpapar virus corona seperti makassar,maros,sidrap dan pangkep.

“Cluster daerah yang mengalami peningkatan yang terpapar virus corona pasti akan diintervensi lebih maksimal lagi.Imbuhnya.

“Jumlah kebutuhan Alat pelindung diri (APD) yang direncanakan sekitar 1 juta untuk dibeli, pelan-pelan terus dipenuhi dan di suplai kerumah sakit,” Tambahnya. [*]