MAKASSAR, Perusahaan ternama di Jepang, PT. Marubeni Indonesia melirik potensi ikan yang dimiliki laut di Sulawesi Selatan untuk di ekspor.

Selama ini, Marubeni sendiri berfokus di Jakarta yang tergabung dalam Jakarta Jepang Club (JJC), namun saat ini Marubeni akan melebarkan sayapnya di timur Indonesia.

Hal tersebut disampaikan langsung, Business Development Director PT. Marubeni Indonesia, Yukinobu Nagami saat ditemui, di Baruga Lounge, Kantor Gubernur Sulsel, Senin 28 Oktober 2019.

“Selama ini kita hanya di Jakarta saja tapi perusahaan Jepang harus berubah, dan saya senang sekali datang kesini,” ungkap Yukinobu Nagawi.

Kendatipun demikian, Marubeni sendiri akan mengabarkan sayapnya terlebih dahulu di Sulsel. Kedatangan Marubeni di Sulsel tentunya karena ada kepercayaan terhadap pemerintah dibawah kepemimpinan Prof Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman.

“Kita fokus pada potensi ikan yang ada di Sulawesi Selatan. Ikan di daerah sini kualitasnya lebih bagus, tapi sistem tehnologi masih kurang. Tapi kita harus mempelajari itu masalah utama,” beber Yukinobu Nagawi.

Untuk mendukung kerjasama antara PT. Marubeni dengan Pemprov Sulsel Marubeni mendatangkan tehnologi dari Jepang untuk mengolah ikan-ikan di Sulsel.

“Akan ada teknologi dari Jepang, itu pasti kita bawa. Saya yakni Sulawesi Selatan akan lebih baik,” tutupnya. [*]