Rektor Unismuh Hadiri Rapat Mejelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Merespon Kampus Merdeka

0
31
Rektor Unismuh Makassar
Rektor Unismuh menghadiri Rapat dipimpin Ketua Majelis Dikti Litbang, PP Muhammadiyah, Prof Dr. Lincolin Arsyad, M.Sc, Ph.D.

MAKASSAR – Rektor Unismuh Makassar Prof Dr H Abdul Rahman Rahim SE MM, menghadiri rapat bersama dengan Majelis Pendidikan Tinggi Litbang Pengurus Pusat Muhammadiyah, Rabu pagi (5/2/2020) di Universitas Muhammadiyah Solo (UMS).

Rapat bersama ini dipimpin Ketua Majelis Dikti Litbang, PP Muhammadiyah, Prof Dr. Lincolin Arsyad, M.Sc, Ph.D.

Prof Lincolin pada rapat ini merespon positif kebijakan terbaru Mendikbud RI, Nadiem Makarim tentang, Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

Kebijakan Kampus Merdeka yang digagas Mendikbud Nadiem Makarim. Pertama, otonomi bagi perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS) untuk melanjutkan pembukaan atau pendirian program studi baru.p

Kedua, pemberian hak bagi mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studi yang sedang ditempuh, serta perubahan definisi Satuan Kredit Semester (SKS).

Ketiga, program re-akreditasi yang bersifat otomatis untuk seluruh perguruan tinggi dan prodi yang sudah siap naik peringkat.

Nantinya, akreditasi yang sudah ditetapkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (Ban-PT) tetap berlaku selama 5 tahun, namun akan diperbaharui secara otomatis.

Keempat, pemberian kebebasan bagi perguruan tinggi negeri badan layanan umum (PT BLU) dan Satuan Kerja (Satker) untuk menjadi perguruan tinggi badan hukum atau biasa disebut dengan PTN BH. (yah/cr/shar)