Senam Corona Bersama Warga, Babinsa Biring Romang Minta Jadikan Senam Sebagai Perekat Silaturahmi

Makassar, Babinsa Kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, kota Makassar, Serma Syahrullah, turut serta membaur dalam senam Corona yang dihelat pemerintah kelurahan Biring Romang di lapangan Taman Hakim, RT. 01/ RW. 03, Sabtu (6/6).

Dalam Senam yang diikuti sekira 50 orang yang berasal dari perwakilan 7 ORW itu, Serma Syahrullah nampak serius mengikuti gerak demi gerak yang diperagakan instrukstur senam.

Syahrullah yang dikenal akrab oleh warga Biring Romang itu, sesekali juga nampak bercanda serta mengingatkan peserta lain yang terkesan tidak serius dalam gerakan senam yang baru kali pertama dilaksanakan di masa pandemi korona tersebut.

Usai kegiatan sambil makan bubur kacang hijau yang disajikan panitia, saat dimintai tanggapannya, kepada Media Sulsel Syahrullah mengatakan, bahwa di saat pandemi Corona yang berangsur-angsur mulai membaik ini, warga terus dituntut untuk senantiasa berprilaku sehat, yang salah satunya melalui senam.

Lebih lanjut Syahrullah berharap, kegiatan senam bersama ini dapat dijalankan terus secara rutin, karena menurutnya selain untuk menjaga kesehatan, kegiatan senam bisa juga digunakan sebagai sarana meningkatkan jalinan silaturahmi serta persatuan dan kesatuan antar warga.

“Kegiatan seperti ini sangat layak untuk dilakukan secara rutin, karena selain sebagai upaya untuk menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19, kegiatan ini juga sekaligus bisa dijadikan sebagai alat penguat silaturahmi serta persatuan dan kesatuan antar warga,” tegas Serma Syahrullah.

Meski demikian Syahrullah tetap menekankan seluruh peserta untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak satu dengan yang lain serta tetap mengenakan masker terutama di saat bersenda gurau atau ngobrol atau saling berhadapan dengan yang lain.

Sementara itu terkait banyaknya warga yang tidak mengenakan masker saat senam, anggota Koramil 1408 Panakkukang Manggala ini mengatakan, bahwa saat berolahraga, setiap orang membutuhkan asupan oksigen yang lebih tinggi dibandingkan kondisi normal, jadi jika tetap mengenakan masker bisa berbahaya bagi kesehatan yang bersangkutan.

Lihat Juga:  Ketua DPRD Makassar Nilai Event Magical Toraja Layak Ditiru

“Kekuatan paru-paru setiap orang berbeda, sementara ketika kita berolahraga, dipastikan kita membutuhkan asupan oksigen yang lebih besar dibandingkan saat biasa, jadi tentu saja kebanyakan orang akan tidak nyaman berolah raga sambil bermasker, dan jika dipaksakan akan lebih berbahaya bagi paru-paru yang bersangkutan, apa lagi jarak antar mereka lumayan jauh dan tidak saling berhadapan,” terang Syahrullah.

Sementara itu Plt. Lurah Biring Romang, Idawati, SE mengatakan, bahwa senam yang digelar hari ini merupakan kegiatan bersama yang dilakukan secara serentak oleh seluruh kelurahan SE kota Makassar sesuai arahan dan perintah PJ Wali Kota Makassar.

“Sesuai arahan Bapak PJ Walikota melalui Bapak Camat, hari ini kami di kelurahan Biring Romang bersama seluruh kelurahan se kota Makassar melaksanakan launching senam Corona, sebagai upaya menjaga kebugaran dan imunitas warga dalam menuju kehidupan normal baru di saat pandemi covid-19,” jelas Idawati.

Lebih lanjut Idawati berharap kegiatan yang rencananya akan digelar secara rutin setiap hari Sabtu tersebut, dapat didukung penuh oleh warga Biring Romang, dan semakin hari semakin banyak lagi yang terlibat.

Selain Lurah dan Babinsa nampak turut hadir dalam giat tersebut diantaranya, ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Ambang Ardi Yunisworo, Ketua Persatuan Majelis Taklim (PERMATA), R. Ela Rahayu, sejumlah pengurus PKK, beberapa ketua ORT dan ORW serta masyarakat lainnya. (464ys)

Berita terkait