Tinjau Sungai Suli, Wagub: Normalisasi sungai harus segera dilakukan
Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman menuju Sungai Suli di Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, Selasa (14/7/2020) Sore.

LUWU – Mengenakan pakaian dinas BPBD, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman menuju Sungai Suli di Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, Selasa (14/7/2020) Sore.

Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman yang disambut oleh Sekda Luwu Ridwan Tumbalolo, Ketua DPRD Luwu Rusli Sunali, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Rahman Mandaria dan Lurah Suli Sukmawati Gusalim langsung menyisir sungai suli.

Diketahui Sungai Suli merupakan salah satu penyebab banjir beberapa waktu yang lalu hingga puluhan desa dan kelurahan di Kabupaten Luwu terendam banjir.

Wagub Sulsel mengaku perlu dilakukan normalisasi sungai untuk mengembalikan fungsi sungai secara maksimal.

“Saya menyarankan perlunya normalisasi sungai dengan melibatkan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang. Dengan segera melakukan pertemuan dan duduk bersama karena ini bukan pekerjaan kecil,” ungkapnya.

Ia menekankan intervensi dan pengawasan hutan harus dilakukan secara ketat agar tidak tidak terjadi penebangan dan alih fungsi hutan.

“Kehutanan perlu sisir di hulu bahwa alih fungsi lahan dan penebangan perlu diintervensi baik pengawasan yang ketat maupun penataan dan penghijauan kembali,” sebutnya.

Sementara itu Lurah Suli, Sukmawati Gusalim mengatakan, ada 6 kecamatan yang menjadi langganan banjir akibat luapan sungai suli

“Di daerah ini sudah 6 kali terjadi banjir dalam waktu dua bulan yang tersebar di 4 kecamatan yang berada di bagian selatan daerah ini. Yakni Kecamatan Suli, Suli Barat, Larompong, dan Larompong Selatan,” urainya.

Kunjungan Wagub Sulsel Andi Sudirman ke kabupaten Luwu sebagai rangkaian kunjungan kerjanya di Luwu Utara untuk meninjau lokasi banjir bandang yang terjadi senin malam (13/7) kemarin yang mengakibatkan ribuan rumah warga rusak. (*)