Toraja Marathon ke 4 Kembali Digelar, Ini Jadwalnya

0
20

MAKASSAR – Pemerintah Provinsi sulsel melalui Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Sulsel kembali akan melaksanakan Toraja Marathon di Kabupaten Toraja pada tanggal 18 April mendatang.

Event olahraga yang keempat kalinya akan mengangkat tema Run The Sacred Higlands. Panitia menarget peserta sekitar 1.500 dari dalam dan luar negeri. Event serupa pernah digelar pada 2018 dengan jumlah atlet mencapai 1.200.

Ajang ini menyiapkan empat kategori lomba yakni 5 kilometer (5K), 10K, 21K, dan full maraton yakni 42K. Kategori meliputi Full Marathon berjarak 42 Km untuk Umum dan Master (khusus pelari di tas 45 tahun), Half Marathon atau 21 Km untuk umum, 10 Km untuk umum dan pelajar serta 5 Km untuk umum.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Disbudpar Sulsel, Bruno Sangla Rantetana mengatakan, Toraja Marathon merupakan lomba lari full marathon pertama di Sulawesi dan bahkan Indonesia Timur. Di mana sudah digelar pada 2016, 2017 dan 2018.

Para peserta Full Marathon kata Bruno, nantinya akan menikmati rute yang berbeda dari lomba-lomba lari di Indonesia lainnya, dan dimanjakan dengan keindahan Toraja lainnya

“Dengan melintasi daerah dan pemandangan eksotis serta obyek-obyek wisata unggulan di Toraja,” ujar Bruno saat menggelar konferensi pers Toraja Marathon 2020 di Kantor Disbudpar Sulsel, Jumat (7/2/2020).

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Toraja Marathon kali ini akan dirangkaikan dengan acara Toraja Running Festival 2020.

Tojara Running kata dia, akan diisi dengan berbagai item kegiatan. Di antaranya, Mangiru’ Kopi Food & Co/fee Festival, Toraja Fun Walk 2 Km. Selain itu pertunjukan Lakipadada Water Projection Video Mapping di Makale pada 18 April 2020. Selain itu, kegiatan ini juga akan menghadirkan sejumlah artis.

“Lakipadada Water Projection Video Mapping merupakan pertunjukan video mapping di atas media air yang pertama yang pernah dilaksanakan di Indonesia. Pada pertunjukan ini akan menampilkan kisah rakyat legenda Lakipadada yang menjadi ikon dari salah satu landmark Toraja yaitu Kolam Makale, Tana Toraja,” jelasnya

Sementara Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulsel Muhlis Mallajareng mengatakan, pihaknya siap mendukung pelaksanaan olahraga rekreasi ini. Dispora akan membuat surat rekomendasi kepada kabupaten/kota untuk ikut meramaikan dan berpartisipasi dalam kegiatan itu.

“Ini tidak hanya olahraga prestasi, tapi olahraga rekreasi dan pendidikan. Dispora akan merekomendasikan kepada kabupaten/kota untuk mendukung ini, dan Insya Allah kita buat surat rekomendasi, untuk seluruh kabupaten/kota,” ujarnya. [*]