Wadahi Industri Kreatif dan IKM, Dinas Perindustrian Sulsel Gelar IKM Expo 2019

0
37

MAKASSAR – Dinas Perindustrian Provinsi Sulsel memfasilitasi pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang ada di daerah dengan menggelar IKM Ekspo  yang akan digelar di Nipah Mall 12 hingga 15 November 2019.

IKM Ekspo Sulsel 2019 akan menghadirkan sejumlah IKM terbaik dari 24 kabupaten kota se-Sulsel sebagai ajang promosi prodak Kerajinan, Kain, Prodak Resycle, Fashion, Kuliner Sulawesi Selatan.

Selain itu sejumlah agenda di IKM Ekspo Sulsel diantaranya penandatangan MOU antara ketua TPKK, Dekranasda dan Kemenkumham terkait HAKI terhadap IKM, kemudian Penandatangan MOU dengan Kemenag untuk memfasilitasi sertifikasi Halal bagi pelaku IKM.

Kepala Dinas Perindustrian Sulsel, Ahmadi Akil mengatakan bahwa selain Penandatangan MOU dengan sejumlah pihak, IKM Ekspo 2019 juga akan mengadakan sejumlah lomba bagi pelaku IKM yang berpartisipasi di kegiatan tersebut.

“IKM Ekspo Sulsel 2019 juga mengadakan lomba Kemasan serta Lomba prodak unggulan bagi IKM yang ikut kegiatan ini,” Ungkap Ahmadi Akil.

Ahmadi Akil juga menambahkan bahwa dalam kegiatan tersebut akan ada penyerahan sertifikasi Halal kepada 4 IKM binaan Dinas Perindustrian Sulsel.

IKM Ekspo 2019 juga menghadirkan sejumlah market place yang nantinya akan mewadahi para IKM.

“Kami juga menfasilitasi ke sejumlah Market Place untuk mewadahi para IKM diantaranya Shopee, Blibli dan Bukalapak,”Tambah Ahmadi.

Akhmadi mengatakan di 2020 mendatang sedikitnya akan menfasilitasi 240 Sertifikasi halal serta 100 Haki bagi pelaku IKM di Sulsel, Ia juga berharap pelaku IKM bisa semakin maju dan semakin Inovatif. [4LD]