Wisata alam pembibitan Vetiver di Lingkungan Mappadang, kelurahan Tamanoa, kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa.

SUNGGUMINASA – Sebuah destinasi wisata baru yang merupakan Wisata alam pembibitan Vetiver, kini hadir menjadi salah satu alternative baru yang layak dkunjungi di Lingkungan Mappadang, kelurahan Tamanoa, kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa,

Sebelum sampai di lokasi pembibitan Vetiver ini, sepanjang jalan pengunjung akan disuguhi indahnya panorama alam kaki gunung Bawakaraeng, tanaman sayur mayur yang tumbuh subur dapat di jumpai di ladang warga sepanjang jalan menuju lokasi pembibitan.

Saat memasuki gerbang Wisata pembibitan Vetiver, akan dijumpai aliran sungai dan tumbuhan bambu yang begitu rimbun mulai menyambut dengan menyuguhkan panorama alam begitu indah jauh dari kesan gersang.

Berjalan sekitar seratus meter lokasi pembibitan mulai nampak, Ratusan Polybag berisi tanaman Vetiver menghiasi halaman rumah Edukasi Penanaman Vetiver.

Suasana sejuk nan damaipun menusuk kalbu seolah jiwa dan alam menyatu tanpa batasan mengajarkan kita arti pentingnya keseimbangan dan kelestarian alam.

Rumah edukasi Vetiver yang digagas Bripka Suherman, Personil Polsek Tombolopao, Polres Gowa yang ditugaskan sebagai Bhabinkamtibmas di Kelurahan Tamaona pada januari lalu, juga telah menghantarkan sang pengagas terpilih sebagai Bhabinkamtibmas teladan tingkat Polda Sul-sel.

Tak jauh dari lokasi pembibitan dapat pula kita jumpai tempat budi daya ikan Mas yang dibuat Bripka Suherman bersama warga, sebagai upaya penguatan ketahanan pangan.

Suara gemercik dan gelembung air begitu nampak dari rumah Edukasi Vetiver yang dibuat Suherman, menambah suasana indahnya alam semakin sempurna.

“Lokasi ini dapat di kunjungi oleh siapa saja, baik sekedar mengilangkan stres maupun yang ingin belajar tentang manfaat tumbuhan Vetiver,” ucap Suherman.

Untuk diketahui Vetiver adalah sebuah tanaman yang pernah diusulkan kepala BNPB, Doni Monardo kepada Presiden Joko Widodo sebagai tanaman pencegah longsor, karena sistem akarnya yang rimbun adalah senjata yang sangat diandalkan untuk menahan erosi dan longsor.

Sesua dokumentasi Litbang Pertanian, tanaman vetiver merupakan golongan rumput dikenal juga dengan nama akar wangi, dan bernama ilmiah Vetiveira zizanioides L atau Andropogon murica yang memiliki bentuk rumpun dengan akar yang rimbun. (*/70n/464ys)