Wisuda Sarjana XVII STIM Lasharan Jaya Makassar Berjalan Baik

Wisuda Sarjana XVII STIM Lasharan Jaya Makassar
Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Lasharan Jaya Makassar menggelar Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Wisuda Sarjana SI, ke-17, di Aula Lasharan Garden, Sabtu 19 November 2022.

MAKASSAR—Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Lasharan Jaya Makassar menggelar Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Wisuda Sarjana SI, ke-17, di Aula Lasharan Garden, Sabtu 19 November 2022.

Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dipimpin Ketua Senat Dr Hernita, SE, MM yang sekaligus  Ketua STIM Lasharan Jaya Makassar.

Hadir dalam acara wisuda Kepala LLDIKTI IX Sultanbatara, Drs H Andi Lukman MSi. Hadir juga Ketua Yayasan Lasharan Jaya, Hj Andi  Nurlela, orang tua wisudawan  dan undangan lainnya.

Wisuda ke-17,  juga diisi orasi ilmiah oleh Kombes (Pol ) Dr H.Muh.Arsal Sahban, SH, Suk, MM, MK membawakan materi tentang  kepemimpinan yang melayani bukan dilayani.

Juga dalam momentum wisuda ini, tiga alumni sarjana manajemen mendapat penghargaan sebagai alumni terbaik, yakni Muh. Jusman, SM, IPK 3,93, Nur Husnah, SM, IPK 3, 84, serta Karmila, SM, IPK 3,83 ketiganya menempuh pendidikan selama 4 tahun.

Kepala LLDIKTI IX Sultanbatara, Drs H Andi Lukman MSi mengatakan,  pelaksanaan wisuda ke-17 STIM Lasharan Jaya Makassar telah menunjukkan bahwa pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni proses belajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat telah berjalan dengan baik.

Berita Lainnya

Andi Lukman mengakui mengelola perguruan tinggi sekarang ini sangat berat, karena itu perguruan tinggi diminta untuk selalu  mempersiapkan diri terutama SDM agar bisa  menghadapi tantangan yang tidak menentu ini

Terkait kebijakan pemerintah tentang MBKM, mahasiswa tidak lagi selalu belajar didalam kampus tetapi mahasiswa bisa belajar di luar kampus.

Mahasiswa sekarang ini tidak hanya dituntut untuk memiliki pengetahuan akademik yang tinggi tetapi juga punya keterampilan yang dibutuhkan dunia kerja.

Lihat Juga:  Empat Jurnal Universitas Muhammadiyah Luwuk Terakreditasi

Andi Lukma mengatakan dalam setiap kesempatan selalu menekankan kepada pengelola perguruan tinggi untuk mengurangi teori di kampus tetapi mahasiswa harus banyak keluar kampus untuk belajar.

Selama ini sebut Andi Lukman perguruan tinggi hanya bisa mencetak banyak sarjana tetapi minim keterampilan sehingga lahir sarjana-sarjana pengangguran.

“Sekarang ini dunia usaha butuh tenaga-tenaga yang memiliki keterampilan,”ujar Andi Lukman.

Andi Lukman juga menyebutkan beberapa hal yang dilakukan LLDIKTI Wil.IX Sultanbatara dalam mendorong pengembangan SDM di perguruan tinggi, yakni lanjut studi dengan memberikan beasiswa, memperhatikan jabatan fungsional  serta sertifikasi.

Ketua STIM Lasharan Jaya Makassar, Dr Hernita dalam sambutannya merasa bersyukur  karena pelaksanaan wisuda ke-17 ini bisa berjalan dengan sukses.

Hernita mengaku  pelaksanaan wisuda ini banyak keterbatasan yang terjadi  karena masih dalam suasana berduka dimana  pendiri Kampus STIM Lasharan Jaya Makassar, Dr H Sahban Liba, MM baru saja meninggal tepatnya 1 Oktober 2022.

Sahban Liba dimasa hidupnya adalah sosok panutan yang dicintai anak-anaknya dan keluarganya serta seluruh civitas akademika STIM Lasharan Jaya Makassar, dan terkhusus bagi alumni dan  mahasiswa.

Hernita dalam sambutannya, menyampaikan,  semester genap tahun akademik 2022/2023 diikuti sebanyak 236  orang wisudawan. Sehingga lulusan sampai sekarang ini telah mencapai kurang lebih 3.061 orang sarjana manajemen.

Hal yang membanggakan sebut putri pendiri STIM Lasharan Jaya Makassar, bahwa dalam beberapa tahun terakhir ini lebih dari 10 persen wisudawan S1 telah diterima bekerja sebelum mereka lulus ujian skripsi dan sebagian lagi telah memiliki usaha walaupun masih skala kecil- kecilan.

Salam kesempatan ini, Ketua STIM Lasharan Jaya mengingatkan untuk tidak lupa dengan visi kampus yang selalu memberi semangat kepada kita semua untuk meraih sukses.

Lihat Juga:  Ekonomi Islam UINAM Rayakan Dua Dekade sebagai Titik Balik Kejayaan

Visi ini sebut Hernita telah melekat dalam jiwa kita, yakni “Menjadi Pusat Peningkatan Sumber Daya Manusia berjiwa entrepreneurship, terkemuka di Kawasan Indonesia Timur dalam bidang manajemen berbasis Riset dan Teknologi yang berdaya saing serta mampu menjawab tantangan global tahun 2030”.

Sementara visi programnya, “menghasilkan lulusan berjiwa kreatif, inovatif yang kompeten dan berdaya saing di bidang manajemen”.

Terkait dengan SDM yang dimiliki, STIM Lasharan Jaya Makassar telah memiliki 7 doktor lulusan dari berbagai perguruan tinggi  dan sejumlah dosen lainnya masih dalam proses pendidikan doktoral. (*)

Berita terkait