Beranda » Misteri » 5 Misteri di Indonesia Yang Belum Terpecahkan Hingga Kini
Misteri Video

5 Misteri di Indonesia Yang Belum Terpecahkan Hingga Kini

MISTERI – Di balik keelokan alam yang dimiliki Indonesia, ternyata menyimpan banyak sekali kisah misteri dan kejadian aneh yang hingga saat ini masih belum dapat diungkap kebenarannya.

Apa saja kisah misteri di Indonesia yang belum terpecahkan tersebut? Yuk, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Dusun Karang Kenek

Di Situbonodo, tepatnya di Desa Olean, ada satu kampung yang bernama Dusun Karang Kenek yang di dalamnya hanya berisikan 26 Kepala Keluarga (KK) saja dan tidak pernah bertambah banyak atau sedikit selama berpuluh-puluh tahun.

Menurut Ketua RT di dusun ini yang bernama Syaiful Arif, sejak dia menikah di tahun 1980, jumlah KK di Dusun Karang Kenek tidak mengalami perubahan. Bahkan jika jumlahnya melebihi angka 26, maka warga baru akan merasa tidak kerasan dan segera meninggalkan daerah tersebut atau bahkan sampai ada yang meninggal dunia.

Dikarenakan hanya berisikan 26 KK saja, maka dari kejauhan perkampungan ini seperti sebuah daerah mati yang sangat sepi atau tidak berpenghuni. Selain itu, lokasinya juga terpencil dan dikelilingi oleh banyak pohon besar.

Sayangnya, hingga kini belum diketahui alasan ilmiah kenapa dusun satu ini seperti menolak dan membatasi untuk ditempati banyak KK.

2. Orang Boentoet, Suku Berekor di Kalimantan

Sebuah suku yang orang-orangnya memiliki ekor atau menurut legendanya disebut dengan nama Orang Boentoet yang berada di daerah Pasir, Kalimantan.

Cerita dan legenda keberadaan Orang Boentoet itu bermula dari percakapan yang dilakukan oleh Sultan Aji Muhammad Sulaiman dari Kutai dan kerabatnya bersama dengan Carl Alfred Bock, seorang penjelajah asal Kopenhagen, Denmark yang kemudian pindah ke Norwegia, di atas sebuah perahu yang melintasi perairan di Tenggarong pada hari Minggu, 20 Juli 1879, yang kemudian dibenarkan oleh seorang abdi kerajaan bernama Tjiropon.

Walaupun tidak banyak orang yang percaya, namun orang-orang asli daerah Pasir menyebutkan bahwa orang Boentoet adalah sebutan khusus untuk para pengawal Sultan Pasir. Sayangnya, tidak ada bukti spesifik hanya sebatas lisan belaka bahwa memang di daerah Pasir pernah ada suku yang memiliki ekor bernama orang Boentoet.

3. Candi Borobudur

Fenomena aneh yang hingga saat ini belum terpecahkan latar belakangnya adalah Candi Borobudur, Indonesia. Salah satu keajaiban dunia yang berada di Magelang ini, memiliki banyak teka-teki seperti bagian-bagian dari Borobudur yang jika dijumlahkan selalu memperoleh angka satu.

Selain itu, kejadian aneh lainnya yang juga menyelimuti Candi Borobudur yaitu mengenai kabar lokasinya pada zaman dahulu yang berada di tengah danau. Dugaan tersebut menarik perhatian banyak peneliti dari berbagai penjuru dunia.

Pada tahun 1006, Gunung Merapi mengalami letusan yang mengakibatkan Borobudur hilang dari peradaban. Namun, secara tiba-tiba Candi Borobudur kembali muncul pada 1814 dengan lokasi di tengah hutan belantara. Hingga saat ini, kumpulan kabar tersebut masih menjadi sebuah misteri yang belum terungkap.

4. Piramida Garut

Siapa yang menyangka bahwa Indonesia juga memiliki sebuah piramida layaknya di Mesir, tepatnya di Garut – Jawa Barat. Pada awalnya, lokasi tersebut hanya dianggap sebagai bukit biasa oleh para warga sekitar.

Namun, seiring bertambahnya waktu, banyak masyarakat yang menyadari abhwa bukit tersebut memiliki bentuk limas, layaknya piramida-piramida yang ada di Timur Tengah.

Tak jarang para peneliti juga mengunjungi lokasi tersebut hingga memunculkan dugaan sementara bahwa piramida di Garut tersebut memang hasil karya tangan manusia.

Sampai saat ini, masih belum dapat diungkap bagaimana asal muasal munculnya piramida tersebut serta termasuk dalam fenomena aneh yang ada di tanah air.

5. Kapal SS Ourang di Medan

Merupakan salah satu kejadian aneh yang pernah menghampiri perairan di Indonesia pada tahun 1947.

Kapal aneh tersebut mulai mengirimkan beberapa sinyal aneh pada kapal-kapal yang berlayar di sekitar Sumatera. Pesan yang didengarkan yaitu adanya seseorang yang sedang meminta bantuan dan mengatakan bahwa semua yang ada di kapal telah tewas. Tak lama kemudian terdengar suara bahwa ia juga sudah mati.

Begitulah inti dari pesan misterius yang terdengar dari saluran radio tersebut. Hingga akhirnya kapal Silver Star milik Amerika memutuskan untuk memeriksa kapal SS Ourang. Mereka tidak menemukan satu orangpun yang hidup dan semua tangan korban tampak dalam posisi seolah-olah ingin meraih sesuatu.

Ketika kapal misterius tersebut dibawa ke pelabuhan terdekat, muncul peristiwa aneh kembali yaitu terbakarnya bagian bawah kapal. Namun, keanehan tersebut dapat segera diatasi sebelum menimbulkan ledakan. Hingga saat ini, penyebab dari kejadian aneh tersebut masih belum dapat diungkap. [*/4ld]