Beranda » Misteri » Misteri Kucing yang Memiliki 9 Nyawa, Benarkah?
Misteri Kucing yang Memiliki 9 Nyawa, Benarkah?
Misteri Kucing yang Memiliki 9 Nyawa. (Foto: Ilustrasi)
Misteri

Misteri Kucing yang Memiliki 9 Nyawa, Benarkah?

MISTERI – Kucing sebagai hewan domestik dikenal mempunyai banyak mitos. Salah satu mitos yang paling terkenal mengatakan bahwa kucing memiliki 9 nyawa. Jadi kucing mempunyai banyak nyawa cadangan? Benarkah mitos itu?

Pada kenyataanya kucing memang mempunyai daya bertahan hidup yang hebat. Kucing dewasa sehat mampu tak makan dan minum selama 2 minggu berturut-turut.

Dalam menghadapi para musuh dan hewan predator lainnya pun kucing memiliki banyak mekanisme pertahanan diri. Otot, taring dan tulang-tulangnya kokoh, serta gerak refleknya nomer satu.

Salah satu kemampuan terbaik kucing adalah mampu bertahan hidup meski jatuh dari ketinggian berapapun. Saat jatuh keseimbangan kucing bertindak seperti “giroskop internal”, yakni reflek untuk meluruskan tubuh di udara.

Kemudian dalam jarak tertentu sebelum terhempas, kucing bersiap mendarat dengan keempat kakinya. Kaki kucing berfungsi sebagai pegas saat mendarat sehingga bisa mendistribusikan benturan.

Secara naluri kucing lebih bisa bertahan hidup ketika menghadapi kecelakaan-kecelakaan alamiah. Itulah kenapa kucing disebut memiliki sembilan nyawa.

Semata-mata karena mekanisme pertahanan diri dan kekuatan uniknya yang dikreasikan oleh Sang Pencipta.

Kucing memiliki sistem keseimbangan yang baik dan dapat memosisikan dirinya menapakkan kaki terlebih dahulu setiap kali jatuh. Etienne Jules Marey pernah meneliti proses jatuhnya kucing ini.

Jika mamalia ini jatuh dalam posisi terbalik maka dia akan sadar dan mampu segera memosisikan kaki di bawah.

Ketika hampir menyentuh tanah, kaki kucing akan meregang. Lalu ketika menempel tanah, kakinya ditekuk untuk mengurangi kecepatan jatuh.

Diketahui pula, kucing memiliki kecepatan jatuh sebesar 100 km/jam, berbeda dengan manusia yang kecepatan jatuhnya sebesar 200 km per jam.

Kaki panjang dan berotot kucing dapat berperan sebagai pegas yang siap untuk menahan jatuh dari ketinggian gedung.

Beruntunglah cat lover, predator terhebat di bumi mau bersikap jinak dan manis pada Anda. Dia masuk ke rumah cat lover dan dengan segera berubah menjadi makhluk yang paling lucu dan menggemaskan. Maka sayangi dan lindungilah dia sepenuh hati.

[*/4ld]