Inilah Mitos Seputar Gerhana Bulan Total

MISTERI – Gerhana bulan total atau Super Blue Blood Mood disaksikan oleh miliaran penduduk bumi termasuk kita yang berada di Indonesia. Meskipun hal ini merupakan fenomena alam yang langka, Namun masih banyak orang yang mengaitkannya dengan hal-hal mistis.

Peristiwa gerhana bulan total itu terbilang sangat spesial karena gerhana terjadi saat bulan berada dalam konfigurasi supermoon dan bluemoon. Terlebih kejadian ini terkahir kali muncul pada 31 Maret 1866 atau 152 tahun yang lalu.

Pembahasan tentang mitos tentang gerhana bulan sebenarnya sudah terjadi sejak dahulu kala. Ada yang percaya gerhana bulan berpengaruh pada Bumi bahkan kesehatan tubuh. Kepercayaan itu bahkan bukan hanya ada di Indonesia, tetapi juga berbagai negara di dunia.

Diluar ketertarikan orang untuk menyaksikan supermoon, beragam mitos berbau mistis masih terus mengiringi supermoon meskipun kita sudah berada di era modern seperti sekarang ini.

Lantas apa saja mitos tersebut? Berikut seperti dilansir bustle.com

1. Kebaikan berlipat

Berita Lainnya

Dipercaya oleh umat Buddha Tibet bahwa tindakan baik yang Anda lakukan saat gerhana bulan pahalanya akan dikalikan. Ada juga yang menyebutkan saat supermoon hampiri orang yang Anda cintai, pegang tangannya dan katakan Anda sangat mencintainya maka hubungan Anda akan langgeng.

2. Saat yang tepat untuk menyelesaikan perseteruan

National Geographic melaporkan bahwa orang Batammaliba di Togo dan Benin memiliki mitos seputar gerhana bulan. Mitos itu berlanjut, “matahari dan bulan bertempur selama gerhana, dan orang-orang mendorong mereka untuk berhenti.” Sampai hari ini gerhana bulan adalah waktu yang tepat untuk berkumpul dan menyelesaikan perseteruan lama.

3. Perempuan melihat ke arah bulan akan hamil

Ini adalah mitos yang paling tidak masuk akal. Yaitu ada anggapan perempuan yang memandang gerhana bulan secara langsung bisa hamil, dan cara ini banyak dilakukan orang-orang zaman dahulu kala yang ingin memiliki momongan.

4. Memilih Bunga Akan Membawa Keberuntungan

Untuk membawa keberuntungan, pilihlah bunga di bawah sinar bulan biru. Mitos ini sama sekali tidak beralasan.

5. Jangan memandang dan menunjuk langsung gerhana bulan

Sebuah takhayul dari Kepulauan Inggris memperingatkan agar tidak menatap bulan. Rupanya, pria yang berada di dalamnya merasa sangat tidak sopan. Ini dianggap sangat kasar padahal jika Anda menunjuk sembilan kali di bulan darah Anda akan ditolak masuk ke Surga. Seperti itu.

6. Balikkan kasur Untuk Kesuburan

Zaman dahulu kala juga orang percaya agar orang menjadi subur dan memiliki anak, maka wajib membalikan tempat tidur mereka saat supermoon, agar kesuburan segera mengampiri. Ini sama sekali tidak terbukti secara ilmiah.

7. Melihat Bulan Melalui Kaca Membawa Kesuksesan

Kita semua harus melihat gerhana matahari melalui kacamata, tapi ketika terjadi gerhana bulan itu tidak diperlukan.

8. Perubahan Sudah Datang

Banyak suku asli Amerika mengatakan gerhana bulan adalah tanda transformasi untuk datang ke Bumi (berdasarkan kepercayaan mereka bahwa bulan mengendalikan dan mengatur planet kita). Dan jika Anda ingin berubah, inilah waktu yang tepat.

9. Balikkan Koin untuk keberuntungan

Ini juga termasuk mitos, yang tidak terbukti kebenarannya.

10. Jangan Tidur menghadap bulan

Jika bulan purnama biasa dikabarkan membuat orang bertindak sedikit lebih gila dari biasanya, supermoon dianggap bisa menyebabkan kegilaan. Tutuplah jendela rumah Anda dengan tirai agar tidak menatap langsung bulan saat tidur

11. Makan Akan Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Di India, beberapa orang menghindari makan dan minum selama gerhana matahari dan bulan untuk menghindari gangguan pencernaan.

12. Jika Anda Berdarah, Akan Lebih Sulit Untuk Berhenti

Berhati-hatilah jika Anda terluka saat gerhana bulan total karena jika berdarah, akan sulit berhentidan bekas luka akan tertinggal sepanjang sisa hidup Anda.

Sumber : Bustle.com

Berita Terkait