MAKASSAR – Pemprov Sulsel melalui Dinas Bina Marga akan segera membenahi jalan di sekitar area kampus Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UIN Alauddin ) yang kerap tergenang air.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Bina Marga Sulsel Rudy Djamaluddin saat ditemui dikantor Gubernur sulsel (3/10).

Rudy mengatakan pihaknya terlebih dahulu melakukan kajian untuk membuat jalur pembuangan air di jalan tersebut, Caranya dengan menggunakan got sebelah kanan jalan yang tidak terlalu berfungsi.

“Kami sementara membuat kajian secara menyeluruh permasalahan di sekitar UIN alauddin makassar atau tepatnya di jalan samata dan untuk sementara saluran pembuangan akan dibuat permanen dan maksimal termasuk Di sisi lain pihaknya juga mengedukasi masyarakat agar tidak membuang air langsung ke atas tanah melainkan ke saluran yang telah disiapkan,” Ungkap Rudy.

“Sejauh ini sudah tidak ada yang terbuang air ditengah jalan karena sudah ada by pass depan UIN.karena Kasihan mahasiswa yang kena cipratan air kalau mau ke kampus,bahkan ada yang jatuh,” Jelasnya.

Rudy Djamaluddin lebih jauh mengatakan untuk jalan rusak di area UIN pihaknya untuk sementara akan menambal dengan paving block lantaran terbatasnya anggaran.

“Saya akui saat ini belum ada pos anggaran yang disiapkan untuk perbaikan jalan disekitar UIN karena pihaknya masih harus fokus menyelesaikan 400 kilometer lebih jalan Provinsi yang lebih rusak,” Jelasnya.

“Jalan yang sifatnya masih bagus kita maksimalkan dulu pengamanannya, soal berapa anggaran, masih dihitung berapa jalurnya. Karena tidak bisa diterka-terka, tidak seperti membangun jalan yang bisa naik turun. Harus betul-betul direncanakan, drainase harus jelas juga mau dibawa kemana,”Tambahnya.

Sementara itu Bupati Gowa Adnan Puricta ichsan mengaku,telah lama bersurat kepada pemerintah provinsi sulsel untuk segera memperbaiki jalan dan drainase disekitar kampus UIN Alauddin,mengingat sangat dikeluhkan masyarakat bahkan menelan korban jiwa.

“Kami sudah lama menyurat ke pemerintah provinsi sulsel untuk segera memperbaiki jalan dan drainase disekitar kampus UIN Alauddin,mengingat sangat dikeluhkan masyarakat bahkan menelan korban jiwa,” Tegas Adnan belum lama ini.

“Jalan mulai hertasning,pertigaan pettarani sampai bilayya parangloe, itu merupakan jalan provinsi dan itu tidak banyak yang paham, sehingga menyalahkan pemerintah gowa,” Jelas Adnan.

“Bahkan banyak yang menjelek-jelekka, tapi tidak apa-apa, karena ada pahala yg mengalir terus,” Tutupnya. [*]