BPJS Kesehatan Lakukan Pelayanan melalui Chika dan Pandawa
Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Kota Makassar, Florinsye Tamonob, Selasa (8/12/20) Sore.

MAKASSAR—Guna memastikan pelayanan kesehatan tetap berjalan ditengah pandemi covid-19, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Makassar memberikan layanan digital yaitu pelayanan non tatap muka untuk menghindari terjadinya penumpukan.

Hal itu disampaikan, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Kota Makassar, Florinsye Tamonob, Selasa (8/12/20) Sore.

Menurut Florinsye pelayanan non tatap muka ini, dibuat BPJS Kesehatan untuk meningkatkan efektivitas layanan, terutama di masa pandemi saat ini.

“Kebijakan tersebut dikeluarkan agar BPJS tetap bisa melaksanakan fungsi secara optimal dalam pelayanan kesehatan dan peserta tetap mendapatkan hak-haknya,” jelasnya.

Lebih jauh, kata Florinsye, ada dua layanan virtual yang dapat digunakan peserta BPJS Kesehatan, yakni Chika dan Pandawa. Dimana keduanya diakses melalui platform chatting dan media sosial, seperti WhatsApp.

Ia menjelaskan, Chika adalah pelayanan informasi melalui obrolan (chatting) yang akan direspons oleh artificial intelligence.

Beberapa layanan yang dapat diakses melalui Chika antara lain cek status peserta, cek tagihan, registrasi peserta, perubahan data fasilitas kesehatan, hingga informasi letak fasilitas kesehatan atau kantor BPJS Kesehatan.

Sehingga, dengan memanfaatkan Chika, peserta JKN-KIS dapat memperoleh informasi dan mengajukan pengaduan terkait pelayanan BPJS Kesehatan melalui smartphone tanpa perlu pergi ke luar rumah.

Sedangkan Pandawa adalah pelayanan administrasi dengan chatting ke nomor 082190825559 melalui aplikasi WhatsApp.

Pandawa merupakan inovasi terbaru BPJS Kesehatan dalam rangka mendukung penerapan physical distancing di masa pandemi Covid-19.

“Dengan layanan ini, peserta tidak perlu mendatangi kantor-kantor cabang BPJS Kesehatan untuk mengurus hal-hal terkait administrasi,” tuturnya.

Terdapat 10 layanan dengan kode berbeda yang dapat diakses melalui Pandawa, yakni kode A untuk pendaftaran peserta baru, kode B untuk penambahan anggota keluarga, kode C untuk pendaftaran bayi baru lahir, kode D untuk perubahan segmen, dan kode E untuk perubahan identitas.

Selanjutnya, kode F untuk perubahan gaji golongan, kode G untuk perubahan FKTP, kode H untuk menonaktifkan peserta meninggal, kode I untuk perbaikan data ganda, dan kode J untuk mengaktifkan kembali kartu peserta.

Untuk informasi mengenai kontak Pandawa kantor-kantor cabang BPJS, bisa didapatkan melalui layanan Chika dan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

Dengan layanan tersebut, Florinsye berharap pelayanan BPJS Kesehatan selama pandemi Covid-19 tetap berjalan dengan baik.

“Sekaligus membantu mencegah dan mengurangi risiko penularan virus corona di masyarakat,” pungkasnya. (*)